Kerajinan Tangan Sulam Pita Sarana Wirausaha


Sulam pita merupakan salah satu kerajinan yang dibuat secara langsung dengan tangan. Kita membuat sulaman dengan bahan dasar pita dan memprosesnya dengan tenaga tangan. Tentunya, untuk hal tersebut dibutuhkan orang-orang dengan tingkat kemampuan keterampilan yang bagus.

Dan, keberadaan kerajinan sulam pita di masyarakat sungguh sangat bagus prospeknya. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya produk dan kebutuhan masyarakat terhadap hasil kerajinan ini. apalagi, kegiatan wirausaha sekarang ini sedang giat-giatnya dikembangkan oleh pemerintah melalui UKM-UKM yang dibentuknya.

Kegiatan wirausaha memang harus dikembangkan sebagai salah satu solusi untuk mengurangi pertambahan angka pengangguran yang setiap tahunnya sangat signifikan. Penambahan angka pengangguran ini tentu saja menjadi permasalahan bagi bangsa yang jumlah penduduknya besar ini. Untuk menyediakan lapangan pekerjaan, pemerintah tentu saja kesulitan.

Oleh karena itulah, maka diharapkan masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja untuk dirinya, dan jika memungkinkan lapangan kerja itu juga untuk masyarakat di sekitarnya.

Dan, kegiatan ini merupakan salah satu garapan yang dapat dijadikan sebagai lahan untuk kerja. Kita dapat menjadikan keterampilan ini untuk lapangan pekerjaan. Kegiatan ini memang termasuk satu keterampilan sulam yang baru. Para ibu dan remaja putri selama ini lebih mengenal sulam yang menggunakan benang. Oleh karena itu, kita seringkali menjumpai karya sulam yang menggunakan benang.

Perkembangan kreativitas kegiatan sulam memang dapat dikatakan pesat. Beberapa orang yang kreatif memandang bahwa sulam dengan menggunakan pita dapat menghasilkan karya yang lebih indah. Sulam dengan bahan pita memberikan kesan lebih hidup dibandingkan sulam bahan benang.

Sulam menggunakan pita juga lebih efektif dan efisien dalam pengerjaannya sebab bagian sulamnya mempunyai permukaan yang lebih lebar dibandingkan benang. Apalagi, jika kita memperhatikan warna pita yang  warnanya lebih semarak sehingga sulaman yang dihasilkan juga lebih cantik.

Sulam pita untuk saat sekarang ini memang merupakan komoditi yang mempunyai prospek bagus. Dan, sebagaimana umumnya, jika prospek ini diupayakan secara baik, maka setiap orang dapat menjadikannya sebagai lapangan kerja yang menjanjikan masa depan lebih baik.

Kita dapat mengembangkan kegiatan wirausaha dengan bidang garapan sulam menggunakan pita ini. Dan, sebagaimana umumnya dalam bidang wirausaha, siapa cepat, maka dialah yang dapat. Lantas mengapa kita diam saja?

Selanjutnya : Manfaat Surah Yasin
Sebelumnya: Resep Es Teler
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar