Kerajinan yang Terbuat dari Barang Bekas


Apa saja kerajinan yang terbuat dari barang bekas? Jika Anda memiliki barang yang sudah tidak terpakai lagi, jangan buru-buru membuangnya. Karena siapa tahu, dari barang-barang yang Anda buang ternyata masih dapat dikreasikan menjadi barang yang bernilai harganya.

Kerajinan Barang Bekas

Dengan memanfaatkan ide cemerlang yang Anda miliki, Anda dapat mengubah barang bekas menjadi kerajinan yang menguntungkan. Pergunakanlah sisi kreatif dari diri Anda untuk memulai kerajinan yang terbuat dari barang bekas.

Untuk membuat berbagai kerajinan yang terbuat dari barang bekas, Anda tidak perlu mengeluarkan modal terlalu banyak. Anda bisa menggunakan alat-alat sederhana yang Anda miliki di rumah, seperti pisau, gunting, lem, spidol atau jarum jahit, beserta benangnya. Banyak hal yang bisa Anda kreasikan dengan memadukan barang-barang bekas.

Anda bisa membuat kaos yang lucu untuk anak-anak dengan menggunakan bahan kaos polos dan beberapa lembar kain perca. Terlebih dahulu, buatlah gambar pola di kain perca. Pola yang dibuat bisa berbagai macam, seperti manusia, hewan, balon, dan ice cream.

Buat pola yang sederhana saja, jangan terlalu rumit karena akan menyulitkan proses menjahit. Setelah pola selesai, jahitlah pada kaos polos. Dengan mengombinasikan kain perca, gambar terlihat lebih hidup dan menarik. Selain itu, Anda bisa juga mengaplikasikan kain perca pada selimut, sprei, dan sarung bantal.

Ibu-ibu yang masih mempunyai bayi atau anak kecil yang suka minum susu, kaleng kemasan susu juga bisa dikreasikan sebagai kerajinan, seperti celengan. Anggaplah hal tersebut sebagai cara mendidik anak untuk berhemat dan rajin menabung.

Cukup bersihkan saja kaleng kemasan, lalu oleskan warna dasar pada seluruh bagian luar permukaan kaleng. Setelah itu, berilah gambar-gambar yang menarik. Kaleng bekas sarden juga bisa dijadikan sebagai tempat alat tulis.

Para remaja yang suka sekali dengan es krim, bisa memanfaatkan bekas sendok es krimnya menjadi karya seni. Selain dijadikan pigura, sendok es krim bisa dijadikan vas bunga, replika hewan, perahu, dan lampu hias untuk mempercantik ruangan Anda.

Anda juga dapat membeli batang sendok es krim di toko dengan harga yang murah. Dari kerajinan sendok es krim tersebut, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Anda tidak akan rugi jika Anda berkreasi dengan barang bekas dan kerajinan yang terbuat dari barang bekas dapat bermanfaat. Semakin kreatif, keuntungan juga semakin mengalir. Jika Anda tertarik, cobalah.

Selanjutnya : Peradaban di Indonesia
Sebelumnya: Apa yang di Maksud Peka Perasaan Cewe?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar