Kerangka Latar Belakang Skripsi


Bagaimana kerangka latar belakang skripsi? Bagi mahasiswa yang berada ditingkat akhir perkuliahan tentunya telah siap untuk proses pembuatan skripsi. Sebelum sampai ke tingkat akhir mungkin kalian sudah mencari-cari judul untuk pembuatan skripsi dengan meneliti masalah-masalah atau mencari latar belakang masalah sehingga dijadikan sebagai tujuan penelitian dalam skripsinya.

Jika memang demikian itu adalah langkah yang sangat bagus karena akan lebih cepat dalam membuat skripsi setelah adanya pengujian apakah masalah tersebut layak untuk dijadikan skripsi atau tidak. Untuk membuat skripsi maka kita terlebih dahulu akan membuat kerangka latar belakang skripsi sehingga penyusunan dalam latar belakang pembuatan skripsi akan lebih terarah dan sistematis.

Penyusunan Skripsi

Dalam menyusun skripsi kita akan terlebih dahulu membuat pendahuluan. Pendahuluan tersebut memuat beberapa hal, misalnya latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, kerangka pemikiran dan langkah-langkah penelitian. Setelah pendahuluan maka kita akan lanjut ke bagian tinjauan teoritis tentang penelitian, hasil penelitian dan akhirnya sampai ke penutup.

Latar belakang masalah dalam sebuah skripsi atau karya ilmiah merupakan hal yang sangat penting karena latar belakang ini menjadi alasan mengapa ia meneliti topik tersebut. sampai akhirnya timbul perumusan masalah dalam bentuk kalimat tanya.

Untuk membuat latar belakang dalam skripsi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah rencana pembahasan dalam latar belakang skripsi sehingga jelas rumusan masalah apa yang akan dibuat. Kejelasan tersebut diperlukan sehingga tidak meluas ke permasalahan yang lain dan tidak juga dangkal dalam menggali suatu masalah.

Kedua adalah pentingnya tinjauan secara teoritis dalam melakukan penelitian tersebut sehingga kita juga mengetahui tinjauan secara teori dari para ahli. Ketiga adalah mengatur kerangka pemikiran yang dibuat oleh penulis sehingga latar belakang masalah dapat lebih mengena pada topik pembahasan.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah penggunaan data dan fakta yang ada di lapangan ketika merumuskan latar belakang masalah penelitian. Penggunaan data dan fakta ini sangat penting agar dapat akurat dalam merumuskan masalah dan fokus terhadap penelitiannya sehingga tidak melebar ke area lain yang bukan menjadi permasalahan dalam penelitian.

Demikian hal yang sebaiknya dilakukan dalam merumuskan kerangka latar belakang skripsi. Hal penting lainnya adalah sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas maksud dalam pembuatan latar belakang tersebut sehingga memudahkan pembaca memahami tujuan dan isi karya ilmiah tersebut dari latar belakang yang dibacanya.

Selanjutnya : Cara Pakai Pensil Alis
Sebelumnya: Khutbah Jum’at tentang Hidup Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar