Penguraian Kerangka Makalah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kerangka makalah mata pelajaran Bahasa Indonesia akan penulis bahas dalam artikel ini. Dari kata pengantar, pendahuluan, pembahasan, sampai penutup. Pada kata pengantar ditulis mengenai ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga pihak yang terkait, dilanjutkan dengan daftar isi.

Selanjutnya latar belakang dibuatnya makalah tersebut. Ini untuk mengetahui apa tujuan dibuatnya makalah karena ada aspek yang melatarbelakangi sehingga dapat dijadikan pembahasan makalah. Selain itu disebutkan masalah dan tujuannya. Semua pokok-pokok ini terdapat dalam bab satu.

Bab satu penulisan makalah merupakan pertanyaan yang membuat pembaca semakin ingin tahu. Dilanjutkan dengan bab kedua, bab tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan pada bab pertama.

Pada bab kedua akan dibahas mengenai pembahasan. Pembahasan pengertian tentang bahasa Indonesia adalah ditulis pada paragraf pertama, dilanjutkan dengan pendefinisian jenis paragraf yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

Contoh paragraf dapat dicantumkan untuk memperjelas definisi. Pembahasan ini berisi seluruh pembahasan dan juga merupakan jawaban dari seluruh pertanyaan, segala yang berhubungan denga judul juga dibahas di sini.

Biasanya, untuk Bahasa Indonesia istilah yang disebutkan sudah banyak dimengerti seperti jenis paragraf karena seluruh siswa sudah mempelajarinya, namun dengan pemberian contoh pembaca akan lebih mudah memahami isi makalah. Bagaimana pun makalah ini dibuat untuk dimengerti pembaca karrena itu jika makalah dibuat untuk diberikan kepada pembaca sehingga pembaca dapat menilai isinya.

Kerangka makalah mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terakhir adalah penutup yang ada pada bab tiga. Pada bab tiga ini, seperti makalah yang lainnya, yaitu berisi kesimpulan, kesimpulan mencakup isi pembahasan yang disajikan secara ringkas.

Sebagian besar kesimpulan membahas inti dari masalah dan juga solusi yang sudah dijelaskan dalam bab pembahasan. Jenis paragraf yang dibahas juga disebutkan secara singkat untuk lebih mudah dimengerti bahwa di dalam makalah ini terkandung secara lengkap jenis paragraf.

Semoga pembahasan tentang pembuatan kerangka makalah mata pelajaran Bahasa Indonesia ini dapat memberikan contoh dalam pembuatan makalah bagi para siswa yang memang ingin membuat makalah khusus Bahasa Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Doa Ucapan Ulang Tahun
Sebelumnya: Membuat Kerangka Makalah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar