Pentingnya Kerangka Proposal Usaha Café

Proposal menjadi senjata utama bagi mereka yang ingin mengajukan ide usaha kepada investor atau pemilik modal. Sebuah proposal usaha harus dibuat sebaik mungkin karena sangat menentukan keputusan disetujui atau tidaknya usaha yang diajukan tersebut.

Untuk usaha cafe misalnya, proposal harus dibuat semenarik mungkin dan sangat meyakinkan. Sebelum memulai menulisnya, sebaiknya dibuat dulu kerangka proposal usaha cafe.

Seperti layaknya sebuah tulisan ilmiah, proposal harus dibuat sistematis dan terstruktur rapi. Untuk memudahkan pembuatannya, bisa dibuatkan lebih dulu kerangkanya. Kerangka proposal bisa dikatakan seperti rencana proposal. Ia memuat garis-garis besar dari poin-poin penting yang akan dimuat dalam proposal. Dengan mengacu pada kerangka, penulisan proposal akan lebih terarah. Kelengkapannya pun lebih terkontrol.

Proposal yang ditulis dengan susunan rapi tentunya lebih meyakinkan daripada proposal yang dibuat asal jadi. Kualitas proposal mencerminkan kepribadian penyusunnya, apakah ia merupakan pribadi yang teliti, terdidik, dan menguasai seluk beluk usaha yang ingin dijalaninya.

Jika dalam membuat proposal saja sudah melakukan banyak kesalahan, apalagi ketika ia menjalankan bisnisnya. Itulah mengapa proposal menjadi pertimbangan penting bagi investor dalam melakukan penilaian.

Seperti umumnya sebuah tulisan, proposal terdiri dari pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Dalam pendahuluan, diutarakan latar belakang pendirian usaha cafe yang akan dijalankan. Jika proposal merupakan ajuan pengembangan, kita harus menggambarkan kondisi usaha cafe yang sedang berjalan selama ini.

Namun, jika proposal merupakan ajuan pendirian usaha cafe, gambarkan kondisi dan alasan-alasan yang melatarbelakangi rencana pendirian usaha tersebut. Tujuan dan manfaat usaha juga dicantumkan pada bab ini.

Bab pembahasan memuat semua aspek-aspek penting dalam sebuah usaha, terutama aspek produksi dan aspek pemasaran. Ada juga uraian analisis teknis seperti lokasi, sumber daya manusia, peralatan kerja, bahan baku produksi, prospek pasar, asumsi pendapatan, dan lain-lain.

Pada intinya, proposal usaha harus bisa menggambarkan perhitungan apa dan berapa yang dibutuhkan serta apa dan berapa yang dihasilkan. Nah, untuk membuat proposal yang demikian kompleks akan lebih mudah jika dibuatkan lebih dulu kerangkanya.
Demikian informasi mengenai kerangka proposal usaha kafe. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Keringat Di Kepala Mengkristal
Sebelumnya: Penguraian Kerangka Proposal Ide Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini