Kerja Administrasi Perkantoran


Pengertian dari kerja administrasi perkantoran yaitu suatu pekerjaan yang dilakukan untuk merencanakan dan mengawasi pekerjaan di suatu perkantoran agar dapat berjalan dengan baik dan menjamin bahwa semua bagian staf kantor berfungsi dengan semestinya.

Pekerjaan administrasi perkantoran juga berhubungan dengan kemampuannya mengelola data, dokumen, dan arsip untuk kepentingan perkantoran.

Pendidikan dari seorang pegawai administrasi perkantoran biasanya merupakan lulusan S1 dan minimal lulusan D2 ilmu bisnis dan manajemen. Persyaratan pendidikan ini karena tugas dan kewajiban dari pekerjaan administrasi perkantoran yang sangat luas agar suatu pekerjaan perkantoran dapat berfungsi dengan baik.

Pegawai administrasi perkantoran harus mempunyai kemampuan yang sangat handal di bidang manajemen perkantoran dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang administrasi perkantoran adalah kemampuan berorganisasi, kemampuan berkomunikasi dengan baik, mampu membuat jadwal pekerjaan, membantu tugas pimpinan, mampu mengolah data, dan mampu mengelola arsip perkantoran.

Tugas dan tanggung jawab utama dari administrasi perkantoran yaitu membuat rencana harian untuk mencapai kualitas target pekerjaan, melakukan pengadaan alat tulis, pengadaan peralatan kerja, melakukan kegiatan administrasi surat menyurat, menyimpan arsip, memilih pegawai dengan sumber daya yang berkompeten, melakukan evaluasi, dan memastikan komunikasi antara staf di kantor berjalan dengan baik.

Fungsi administrasi perkantoran bagi perkantoran adalah membantu pimpinan perkantoran untuk mengambil suatu keputusan, membantu pekerjaan pimpinan perkantoran misalnya dalam menyusun jadwal rapat perkantoran atau pertemuan dengan pihak luar dan menjadi penghubung antara pimpinan perkantoran dengan karyawan yang lain.

Fungsi dari administrasi perkantoran bagi karyawan adalah memecahkan masalah pada karyawan misalnya merekomendasikan kenaikan gaji, melakukan evaluasi karyawan, melakukan pelatihan kepada karyawan dan memastikan terjalinnya hubungan yang baik antara karyawan dengan karyawan dan karyawan dengan pimpinan perkantoran.

Perkantoran dapat berjalan dengan baik dan mencapai target yang sudah direncanakan merupakan hasil kerja administrasi perkantoran. Pegawai administrasi perkantoran harus mempunyai kemampuan yang handal karena tugas dan tanggung jawab yang diembannya untuk suatu perkantoran dapat mencapai target dan tujuan tertentu yang sangat bergantung pada administrasi perkantoran.

Selanjutnya : Contoh Surat Pengantar Berobat dari Perusahaan ke Dokter Relasi
Sebelumnya: Sistem Pemerintahan Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar