Job Description dan Bagian Kerja dari Administrasi Perkantoran


Apa job description atau tugas kerja dari administrasi perkantoran? Secara sederhana tugas mereka adalah terkait administrasi yang terjadi di lingkup perkantoran atau perusahaan. Contoh sederhananya adalah keperluan surat menyurat dan tulis menulis. Dari dua contoh itu kemudian dikembangkan ke job description yang lebih luas. Misalkan saja menyusun laporan persediaan barang, laporan anggaran biaya belanja, mengawasi surat yang keluar masuk perusahaan, menyusun anggaran biaya tahunan, dan lain sebagainya.

Bagian administrasi atau staff administrasi adalah salah satu pekerjaan atau lowongan dan posisi pekerjaan yang ramah pendidikan. Dalam artian, posisi ini bisa diisi oleh tingkat pendidikan ‘serendah’ mungkin. Tak perlu lulusan sarjana ekonomi.

Bagi mereka calon pekerja yang berpendidikan SMA atau SMK bisa mengisi posisi administrasi. Sebab, bagian administrasi tidak memerlukan pendidikan yang khusus. Asalkan pelamar miliki ketrampilan basic dan skill tertentu bisa mencalonkan diri di posisi tersebut.

Miliki ketrampilan basic dikatakan demikian sebab di SMA kita sesungguhnya telah diajarkan keahlian untuk menangani administrasi sederhana. Misalkan pada pelajaran IPS Ekonomi khususnya di kelas 3 pada mata pelajaran Akuntansi.

Bagaimana melakukan catanan pembukuan sederhana, debit, kredit, menyusun laporan, dan lain sebagainya. Tugas administrasi kurang lebih demikian. Pun juga harus miliki skill lain. Sebut saja penguasaaan komputer khususnya Microsoft Office yang fokus di dua cabang; Word dan Excel.

Tugas Administrasi

Lantas apa sejatinya bagian kerja administrasi sendiri? Ada beragam. Secara ringkas sebagai berikut:

1. Administrasi khususnya staff bertanggung jawab pada posisi atasnya; senior atau supervisor.
2. Administrasi mengawasi keluar masuknya surat perusahaan. Tak hanya surat resmi, ini juga termasuk surat hutang, piutang, tender, transaksi, dan lain sebagainya.
3. Administrasi bersedia dan siaga terhadap segala kebutuhan serta pengadaan alat tulis menulis kantor.
4. Administrasi membuat laporan terkait apa saja yang dibutuhkan dan diserahkan ke orang yang bertanggung jawab di atasnya.
5. Admisnistrasi membuat daftar rapat, absensi, dan memutakhirkan segala informasi yang dibutuhkan di perusahaan.

Nah, itulah sekelumit informasi bagian kerja dari administrasi terkait tugas mereka dan job description yang ada bagi Anda yang berminat melamar di posisi ini. Memang terkesan tugas staff administrasi berjibun. Namun dalam sebuah perusahaan umumnya tidak memiliki satu staff. Ini berarti Anda tidak sendirian dalam bekerja.

Selanjutnya : Renungan Kristen Berjuang dalam Kebenaran
Sebelumnya: Contoh Citizen Jurnalisme Video Youtube
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar