Kerjasama Asean dalam Bidang Sosial


Kerjasama bidang sosial bukanlah satu-satunya kerjasama yang dilakukan oleh negara Indonesia dengan negara lain. Indonesia melakukan kerjasama dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, keamanan dan pertahanan negara. Kerjasama yang terjalin antara negara-negara ASEAN ini terjalin untuk sama-sama membantu perkembangan dan kemajuan negaranya masing-masing. Kerjasama ini dilakukan antar negara ASEAN seperti Indonesia dengan Malaysia, Indonesia dengan Singapura, Singapura dengan Vietnam, Filipina dengan Malaysia dan lain-lain, ataupun dengan kerjasama secara multilateral antar negara ASEAN itu sendiri.

Kerjasama ASEAN dalam bidang sosial yang dilakukan oleh negara-negara Asia Tenggara ini meliputi kerjasama di sektor pemberdayaan kewanitaan, kesehatan, kepegawaian, kepemudaan, kebudayaan, kemiskinan, ketenagakerjaan, bidang pendidikan, bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang lingkungan hidup, bidang penanggulangan bencana alam, perlindungan anak, pembangunan sosial, pemberantasan dan penerangan serta peningkatan kesadaran masyarakat tentang keberadaan dan jalinan kerjasama dengan negara-negara ASEAN.

Sebagai  bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang sosial diantaranya negara-negara ASEAN akan berupaya untuk saling membantu dalam memberntas kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat, membangun kualitas hidup yang lebih baik serta meningkatkan kerjasama bidang ekonomi dan perdagangan dunia.

Meningkatkan kerjasama dengan WHO dan mengoptimalkan program-program kesehatan masyarakat bagi penduduk yang ada di kawasan negara-negara ASEAN.

Secara spesifik Indonesia ingin mengupayakan kerjasama di bidang sosial dengan memaksimalkan kerjasama dalam bidang pendidikan, bahkan Menko Kesra HR.

Agung Laksono selaku ketua delegasi Indonesia saat pertemuan ASEAN tahun 2013 kemarin mengusulkan hal serupa sehingga adanya jalinan kerjasama yang lebih kompleks di bidang pendidikan. Misalnya dengan melakukan pertukaran pelajar, study banding dan lain-lain.

Tidak hanya itu, kegiatan bidang sosial ini pun lebih difokuskan dalam kerjasama dibidang penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah Asia Tenggara.

Upaya yang sering dilakukan terus menerus ialah memupuk rasa solidaritas dan persaudaraan terutama kepada anggota yang sedang tertimpa bencana alam, seperti saat kita tertimpa bencana dahsyat gempa dan tsunami pada beberapa tahun yang lalu.

Selalu menjaga kepercayaan satu sama lain dan saling memperkuat kerjasama regional guna meningkatkan kedamaian, stabilitas, kemajuan regional serta untuk senantiasa membangun perdamaian dunia.

Menghormati perbedaan satu sama lain dan senantiasa melakukan musyawarah atau pertemuan guna menjalin kerjasama yang lebih baik.

Pada dasarnya kegiatan kerjasama ini tidak hanya terfokus kepada kerjasama di bidang sosial saja. Seyogyanya semua bidang haruslah bersinergi dengan baik.

Kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini sangat diperlukan, apalagi jika ditunjang dengan pendidikan dan kerjasama di bidang politik dan ekonomi akan menciptakan kesejahteraan dunia yang berdampak baik bagi kemajuan negara.

Informasi mengenai kerjasama ASEAN dalam bidang sosial ini semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Band Rock Abad 20
Sebelumnya: Bahaya dari Mengonsumsi Narkoba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar