Kerugian Akibat Penebangan Hutan

Kerugian akibat penebangan hutan liar bukan saja berdampak pada masalah lingkungan saja, tapi merembet pada masalah ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Apalagi, Indonesia merupakan paru-paru dunia karena Indonesia terkenal dengan hutan lebatnya. Bayangkan, jika paru-paru kita rusak, kita akan sakit parah karena paru-paru termasuk alat vital dalam tubuh kita.

Dari segi ekonomi, penebangan liar dapat mengurangi devisa negara dan pendaptan negara. Akibat illegal logging ( penebangan liar) ini negara dirugikan Rp 30 triliun per tahun. Bukan itu saja, dampaknya terhadap ekonomi yaitu hilangnya kesempatan untuk memanfaatkan keragaman produk di masa depan (opportunity cost). Akibatnya, industrialisasi kehutanan diambang kehancuran.

Loading...

Dilihat dari segi sosial budaya, timbul di masyarakat sikap kurang bertanggung jawab, adanya pergeseran nilai di masyarakat, dan susah untuk membedakan baik dan buruk. Hukum tidak ditegakkan sebagaimana mestinya. Perubahan nilai ini jelas merugikan dan akan tersa sulit untuk mengembalikan seperti semula.

Penebangan liar jelas berdampak pada lingkungan, gundulnya hutan akan mengakibatkan berbagai bencana seperti erosi dan banjir. Selain itu, mengakibatkab juga hilangnya keanekaragaman hayati dan kerusakan habitat, punahnya spesies langka, pohon dapat menyerap karbondioksida banyak sehingga menghasilkan okseigen yang banyak juga, perubahan bentuk batuan, dan global warming.

Bencana banjir dan kekeringan hampir ditemukan di setiap daerah, banyak daerah yang rawan longsor, kini ada 918 titik rawan longsor yang tersebar di seluruh Indonesia.  Timbul berbagai penyakit aneh di setiap pergantian musim, bukan saja menyerang manusia tetapi juga menyerang hewan dan tanaman.

Dampak dari erosi di antaranya mengakibatkan tanah tidak subur, sedimen dan poluton yang terbawa air akan bertumpuk di satu tempat. Hal ini akan berakibat pada kerusakan ekosistem danau. Dampak global warming yang besifat jangka panjang bisa mengakibatkan bencana bagi bumi. Akibat global warming, beberapa kawasan dekat pantai bisa tenggelam. Kalau dampak jangka pendeknya, sekarang sudah mulai terasa. Perubahan iklim yang tidak menentu, musim kemarau dan penghujan yang tidak seimbang, hujan badai di laut yang menyebabkan gelombang pasang, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kita harus mencegah penebangan liar dan menjaga hutan kita agar tetap lebat, demi bumi yang kita cintai ini, demi anak cucu kita nanti. Peranan pemerintah dalam mencegah penebangan liar belum begitu optimal. Pelaku illegal logging seharusnya dihukum dengan hukuman yang setimpal agar memberi efek jera pada si pelaku.

Itulah mungkin sepenggal tulisan mengenai kerugian akibat penebangan liar. Mudah-mudahan bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Keunggulan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
Sebelumnya: Kenapa Harga BB di Batam Lebih Murah?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar