Kerukunan Umat Beragama Kristen dengan Agama Lain


Kerukunan umat beragama Kristen dengan agama lain yang ada di Indonesia adalah faktor penting penunjang persatuan bangsa. Apalagi, Indonesia adalah negara dengan penduduk yang menganut berbagai agama dan keyakinan. Kemajemukan inilah yang membuat perpecahan sering terjadi di Indonesia.
Walau berbeda keyakinan, bukan berarti umat beragama di Indonesia memiliki perbedaan tujuan dalam memakmurkan kehidupan masyarakat. Setiap penduduk wajib menjaga kerukunan umat beragama, dan umat agama Kristen yang tergolong minoritas di Indonesia pun tak lepas dari tanggung jawab ini.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh umat beragama Kristen demi menjaga persatuan bangsa?

1. Toleransi
Toleransi adalah faktor penting dalam menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia. Toleransi bisa diartikan sebagai sikap membiarkan, memperbolehkan, atau menerima dengan kerelaan hati atas sesuatu yang berbeda dengan kita, baik itu pendapat, maupun perilaku, termasuk keyakinan orang lain.

Dengan memiliki rasa toleransi tinggi, para penganut agama yang berbeda keyakinan bisa tetap hidup berdampingan. Umat Kristen yang minoritas pun bisa tetap berbaur dengan penduduk lain karena adanya sikap toleransi ini. Mereka tidak keberatan walau harus bertetangga, satu kantor, atau satu sekolah dengan penganut agama lain. Inilah yang disebut toleransi.

2. Tenggang rasa
Tenggang rasa kerap diartikan sama dengan toleransi, padahal sebenarnya cukup berbeda. Tenggang rasa merupakan rasa menghormati orang lain dengan cara menjaga perasaan mereka. Contoh sederhananya adalah tidak menjelek-jelekkan agama lain atau tidak mengganggu proses ibadah mereka.

3. Saling membantu
Umat Kristen kerap memberikan bantuan kepada penganut agama lain. Misalnya, saat terjadinya bencana alam di Indonesia, sama seperti umat agama lain, umat Kristen ikut memberi bantuan kepada mereka yang membutuhkan tanpa pandang bulu. Selain itu, Anda dapat melihatnya ketika hari raya Islam maupun hari raya agama lain. Umat Kristen turut berperan serta dalam menjaga keamanan selama proses ibadah berlangsung.

Peran umat Kristen dalam menjaga keharmonisan hidup di Indonesia memang sangat besar. Selain itu, kerukunan umat beragama Kristen dengan agama lain dapat diwujudkan dengan berbagai cara, semuanya demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Selanjutnya : Mahkamah Internasional
Sebelumnya: Macam-macam BlackBerry dengan Gambar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar