Macam-macam Kerusakan Alam yang Disebabkan Oleh Manusia


Masih ingatkah Anda dengan kisah penciptaan nabi Adam as? Saat pertama kali Allah SWT akan menciptakan manusia, malaikat meragukan hal tersebut, dikarenakan manusia mempunyai sifat yang suka merusak. Namun Allah SWT meyakinkan para malaikat bahwa nabi Adam AS berbeda. Namun, mengapa dalam kehidupan sehari-hari kita menyaksikan kerusakan alam yang disebabkan manusia? Kerusakan dalam bentuk apa sajakah itu? Mari kita simak uraiannya berikut ini.

Manusia mempunyai sifat perusakan karena manusia mempunyai hawa nafsu yang tidak pernah puas. Selain itu, janji iblis untuk senantiasa menyesatkan manusia menjadi faktor lain yang menyebabkan manusia menjadi orang yang jahat dan serakah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kita sering melihat manusia yang seperti itu.

Jenis Kerusakan Alam

Adapun berbagai jenis kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia antara lain:

1. Penggundulan Hutan

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan pertambahan jumlah penduduk, maka kebutuhan manusia terhadap perumahan dan bahan pangan semakin meningkat. Akibatnya terjadi peningkatan terhadap kebutuhan lahan.

Lahan pertanian banyak berubah fungsi menjadi perumahan dan industri. Begitu juga dengan hutan, fungsinya dipaksa dirubah menjadi lahan pertanian dan perkebunan. Akibatnya, kerusakan hutan hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia, sehingga Indonesia mudah sekali terkena bencana banjir pada musim hujan, dan bencara kebakaran hutan serta kabut asap pada musim kemarau.

2. Pencemaran Air Laut, Danau, dan Sungai

Banyaknya pembangunan industri dan pabrik serta pembuangan limbah ke sungai menyebakan kerusakan pada lingkungan air. Tidak hanya pencemaran pada lingkungan air sungai sebagai badan air, tetapi juga pada air laut sebagai muara sungai.

Kerusakan pada lingkungan air tersebut tidak hanya menurunkan kualitas air sungai, tetapi juga berbagai komunitas yang ada di lingkungan tersebut, misalnya ikan banyak yang mati keracunan atau mengandung racun sehingga berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia.

3. Kerusakan Akibat Aktivitas Pertambangan

Aktivitas pertambangan seperti penambangan pasir, batubara, emas, dan lain-lain telah menyebabkan kerusakan lingkungan. Kita masih ingat persitiwa longsor yang terjadi di Tembagapura?

Tembagapura merupakan salah satu tempat penambangan emas dan tembaga terbesar di Indonesia yang dikuasaioleh PT. Free Port Amerika Serikat. Aktivitas penambangan secar besar-besaran telah menyebabkan ke rusakan lingkungan di daerah tersebut, dan telah memicu terjadinya longsor yang menyebabkan puluhan pekerja tertimbun di dalamnya. Oleh karena itu, sudah waktunya kita menyelamatkan lingkungan.

Selanjutnya : Ekspresikan Perasaan Anda Pada Sahabat Dengan Contoh Puisi Peduli Persahabatan
Sebelumnya: Origami Cara Bikin Pesawat Terbang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar