Kerusakan Lingkungan dan Penyebabnya

Kerusakan lingkungan dan penyebabnya adalah memang sesuatu yang memprihatinkan bagi kita semua. Alam yang memberikan berbagai macam ketersediaan bagi kehidupan kita ini juga turut rusak jika lingkungan sekitar kita mengalami kerusakan.

Biasanya mereka yang melakukan pengerusakan lingkungan adalah mereka yang justru hanya mengambil keuntungan dengan kegiatan mereka. Oleh karena itu ini harus dicegah, oleh siapa pun yang ingin lingkungannya suatu saat ini tidak menjadikan dia mengalami kerugiaan atas perbuatan segelintir orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Banyak sekali kasus perusakan lingkungan yang berakibat fatal. Yang paling fatal dan menimbulkan berbagai kerusakan dan masih dapat kita lihat adalah kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh pabrik-pabrik tertentu melalui limbah-limbah pabriknya. Inilah yang patut kita sayangkan.

Bahkan yang paling parah dan menimbulkan kerugian bagi banyak orang yakni pada kasus lumpur Lapindo, akibat pengerusakan yang dilakukan oleh Bakrie Grup dalam usaha mengeksploitasi lingkungan. Dan inilah yang patut kita perhatikan, sementara itu banyak pula korbannya yang kurang mendapatkan perhatian dari perusahaan tersebut. Alangkah mulianya kalau dia justru membantu kehidupan orang-orang sekitar Lapindo.

Apa itu Kerusakan Lingkungan?

Kerusakan lingkungan yakni suatu perbuatan yang dilakukan manusia yang kemudian menghasilkan dampak negatif bagi lingkungan. Kemudian secara tidak sadar suatu saat lingkungan yang dirusak tersebut menjadi tidak bersahabat bagi manusia sehingga menimbulkan bencana bagi manusia itu sendiri.

Contoh kecilnya adalah buang sampah di bantaran kali sungai. Tentu saja dalam hal ini dampaknya tidak begitu saja dirasakan. Namun suatu saat di saat musim hujan, maka sungai menjadi menguap dan menghasilkan banjir karena terjadi pendangkalan sungai akibat banyaknya sampah di bantaran sungai tersebut.

Tips Mencegah Kerusakan Lingkungan

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dan berusaha sadar dengan keadaan lingkungan sehingga kita dapat berkonstribusi terhadap lingkungan agar lingkungan senantiasa lestari dan bersahabat dengan kehidupan kita sekalian. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah kerusakan lingkungan dan penyebabnya.

1. Usahakan selalu sadar diri bahwa lingkungan yang kita hadapi harus dibuat lestari demi anak dan cucu kita nanti.

2. Menjaga lingkungan dari hal-hal yang kecil, misalnya tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan plastik untuk hal-hal yang kecil karena unsur plastik sangat sulit berbaur dengan tanah.

Demikianlah beberapa tips mencegah kerusakan lingkungan dan penyebabnya dari hal-hal yang kecil tentu akan berdampak yang besar bagi lingkungan yang berada di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Keadaan Perhotelan di Bali : Jeli Memilih Penginapan di Bali
Sebelumnya: Negara-negara Kapitalisme Menuai Kritik Tajam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar