Contoh Kesenian Tradisional di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, budaya, bahasa, hingga keseniannya. Berbagai macam kesenian tradisional di Indonesia masih banyak yang bisa ditemukan, mulai dari tari-tarian, seni rupa, dan lain sebagainya.

Kesenian tradisional menjadi identitas suatu daerah di Indonesia yang semuanya tidak bisa dihilangkan begitu saja dan justru harus terus dilestarikan. Berikut ini adalah beberapa contoh kesenian tradisional Indonesia yang masih eksis dan terkenal hingga kini.

Loading...

• Kuda lumping

Kuda lumping adalah salah satu kesenian tradisional khas Jawa Timur. Dalam kesenian ini menggunakan alat khusus yang berbentuk kuda. Selanjutnya, ada orang-orang tertentu yang akan menari hingga akhirnya kerasukan arwah.

Bisa dikatakan bahwa kesenian tradisional yang satu ini cukup ekstrem karena pelakonnya nanti akan melakukan hal yang tidak biasa dilakukan seperti makan beling dan sebagainya. Namun, di sinilah letak keunikannya.

• Ondel-ondel

Ondel-ondel merupakan kesenian tradisional khas Ibu Kota Jakarta. Dengan sebuah boneka berukuran besar yang diisi oleh orang, selanjutnya ondel-ondel ini akan menari dan memberikan hiburan untuk orang-orang yang menontonnya. Ondel-ondel ini berbentuk boneka yang berpasangan dengan pakaian yang menjadi ciri khas dari Jakarta itu sendiri.

• Batik

Batik merupakan kesenian yang berupa seni rupa asli Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, Indonesia sempat dihebohkan karena batik sebagai kesenian tradisional Indonesia telah diakui oleh negara tetangga.

Batik berbentuk kain yang dilukis dengan menggunakan malam atau lilin dan selanjutnya bisa dijadikan pakaian seperti baju, celana, dan lain sebagainya.

• Wayang

Wayang merupakan salah satu kesenian tradisional khas Indonesia yang sangat terkenal dan tetap eksis sampai sekarang. Ada dua jenis wayang yang biasa digunakan dalam pementasan, yaitu wayang kulit dan wayang golek. Wayang dimainkan oleh dalang dan dipastikan Anda akan menemukan tokoh-tokoh pewayangan seperti Arjuna, Gareng, Petruk dan sebagainya.

Demikianlah beberapa contoh dari kesenian tradisional di Indonesia yang sebenarnya masih sangat banyak sekali. Semoga Indonesia menjadi suatu bangsa dengan kekayaan kesenian tradisinalnya yang tak pernah luntur dan terus dilestarikan sampai kapan pun sebagai identitas dan kebanggan Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Di Mana Letak Kelenjar Getah Bening?
Sebelumnya: Beragam Kekurangan dan Kelebihan Nokia N79
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar