Faktor-faktor dan Pengertian Singkat Mengenai Kesetimbangan Kimia

Mempelajari ilmu kimia bukanlah persoalan yang mudah. Ilmu kimia merupakan suatu ilmu yang masuk dalam kategori ilmu pengetahuan alam dan salah satu ilmu yang sukar untuk dipelajari, terutama bagi Anda yang tidak suka hitung-menghitung dan tidak siap dijejali dengan berbagai rumus rumit ala mata pelajaran eksakta. Dalam ilmu kimia, ada salah satu bahasan yang dipelajari, yaitu mengenai kesetimbangan kimia.

Apa itu yang dimaksud istilah tersebut? Kesetimbangan dari kimia atau boleh disebut juga sebagai keseimbangan kimia adalah keadaan yang terjadi antar zat-zat hasil reaksi yang dapat melakukan atau membentuk kembali kepada zat semula.

Loading...

Artinya, terjadi kembali reaksi yang dilakukan oleh zat hasil reaksi. Kondisi ini sering disebut sebagai reaksi dalam dua arah atau dalam istilah kimianya disebut reversibel.

Secara sederhana, aksi bolak-balik zat-zat yang akan mencapai kesetimbangan ini akan terjadi jika laju reaksi ke bagian kiri sama dengan laju reaksi bagian kanan. Untuk memastikan proses reversibel telah tercapai adalah jumlah zat hasil reaksi atau disebut produk tidak berubah lagi.

Hal ini juga berlaku pada hasil zat reaktan (zat semula) yang dapat dirumuskan sebagai berikut, “Jumlah zat sebanding dengan mol dan konsentrasi, sehingga saat setimbang mol dan konsentrasi zat-zatnya tetap”.

Lebih jauh, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesetimbangan kimia, yakni sebagai berikut.

• Kesetimbangan dipengaruhi oleh faktor konsentrasi dengan ukuran seperti ini, “Reaksi akan bergeser dari arah zat tersebut, jika salah satu zat konsentrasinya diperbesar, begitupun sebaliknya”.

• Kesetimbangan dipengaruhi oleh faktor tekanan. Namun, ini hanya berlaku pada zat berupa gas (baca hukum Boyle).

• Kesetimbangan dipengaruhi oleh faktor suhu. Dalam kesetimbangan ini dikenal ada dua reaksi, yakni reaksi endoterm dan reaksi eksoterm. Suhu akan sangat berpengaruh untuk menentukan arah reaksi. Reaksi endoterm akan terjadi jika suhu dinaikkan. Sementara reaksi eksoterm akan terjadi jika suhu diturunkan.

• Kesetimbangan dipengaruhi oleh faktor katalis. Hanya saja, faktor ini hanya untuk membuat waktu tercapainya kesetimbangan kimia lebih cepat, sehinga lebih efisien dari segi waktu.

Loading...
Selanjutnya : Kelebihan dan Kekurangan Stek Tanaman
Sebelumnya: Di Mana Letak Kelenjar Getah Bening?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar