Tips Menuliskan Kesimpulan dan Saran dalam Pembuatan Makalah


Makalah merupakan salah satu bentuk dari karya ilmiah yang dibuat berdasarkan penelitian atau kajian pustaka. Hasilnya dipresentasikan di hadapan rekan sekelas. Pada bagian penutup sebuah makalah, terdapat kesimpulan dan saran. Berikut ini pembahasan mengenai penulisan kesimpulan dan saran dalam pembuatan makalah.

Kesimpulan dan saran merupakan bagian terakhir dari sebuah makalah, isi dari kesimpulan merupakan ringkasan dari seluruh isi pembahasan makalah. Sementara saran berisi saran-saran yang sekiranya perlu disampaikan oleh penulis kepada pihak-pihak yang terkait. Menuliskan kesimpulan dan saran harus dilakukan dengan cermat. Oleh karena itu, penulis harus memahami isi makalahnya.

Format baku dalam penulisan kesimpulan dan saran adalah sebagai berikut.

1.  Kesimpulan harus berisi analisis dari berbagai sumber bacaan (kajian pustaka) dan hasil pemahaman penulis, kesimpulan bisa berdasarkan data (implikasi) atau referensi (inferensi).

2.  Pada kesimpulan, sebaiknya terdapat saran-saran penulis untuk pembaca.

3.  Dalam sebuah makalah, kesimpulan bisa disusun berdasarkan gambaran singkat mengenai isi pembahasan makalah bersangkutan.

4.  Kesimpulan tidak boleh menyimpang dari pembahasan utama makalah.

Contoh penulisan kesimpulan dan saran adalah sebagai berikut.

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan

1.    Paradigma baru pendidikan telah mengubah pola pikir guru, dari guru sentris ke siswa sentris dan dari materi apa yang akan diajarkan kepada anak, ke kompetensi apa yang harus dikuasai anak (life skill), serta bagaimana memperkaya pengalaman belajar siswa. Sehingga, guru harus melakukan pembelajaran yang kontekstual.

2.    Untuk itu, diperlukan upaya profesional guru untuk menciptakan pembelajaran kontekstual dan efektif. Salah satunya adalah menciptakan alat peraga.

3.    Peran alat peraga dalam pembelajaran sangat penting karena dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik, dinamis, aktif, kreatif, dan menyenangkan.

4.    Dengan alat peraga, diharapkan anak akan mampu belajar menerapkan informasi yang dipelajari dan mampu menentukan suatu pilihan tindakan yang rasional dan proporsional.

B.    Saran

1.    Salah satu cara untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah dengan membuat alat peraga sederhana yang memberikan keberhasilan luas pada suatu pembelajaran.

2.    Untuk implementasinya, maka eksistensi Gugus Sekolah dan manajemennya menjadi pilihan yang strategis bagi pengadaan dan pengembangan alat peraga/media pendidikan.

3.    Kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan penulisan makalah di kemudian hari.

Demikian pembahasan mengenai penulisan kesimpulan dan saran dalam pembuatan makalah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Macam-Macam Jalur Beasiswa S2 di Kementrian RI
Sebelumnya: Manusia Pertama Diberi Nama Adam yang Artinya Apa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar