Inilah Kesimpulan Fungsi Fungsi Komunikasi Yang Dilakukan Manusia

Ada beberapa kesimpulan fungsi fungsi komunikasi. Kesimpulan ini bersal dari hakikat dan macam-macam bentuk komunikasi. Berikut ini penjelasannya.

Mengapa harus Melakukan Komunikasi

Loading...

Pada hakikatnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yaitu makhluk yang hidup berkelompok dalam komunitasnya. Makhluk yang hidup berkelompok memiliki ketergantungan cukup besar terhadap kelompoknya. Masing-masing anggota kelompok memiliki peran dan jabatan untuk menunjang keutuhan dan eksistensi kelompok.

Dikarenakan berada di dalam kelompok maka interaksi antar anggota kelompok akan sering terjadi. Interaksi terjadi terutama karena masing-masing anggota memiliki kelebihan dan kekurangan sumber daya. Oleh karena itu, terjadi transaksi sumber daya antaranggota kelompok. Interaksi inilah menggunakan sarana komunikasi.

Komunikasi harus dilakukan oleh sesama anggota kelompok karena tidak semua anggota memiliki kemampuan simpati dan empati cukup kuat. Komunikasi harus dilkukan agar seorang anggota bisa mengungkapkan apa yang dimilikinya dan apa yang diinginkannya. Ini menjadi dasar kesimpulan fungsi fungsi komunikasi pada manusia.

Macam-macam Bentuk Komunikasi

Semakin kompleks sistem sosial yang terbangun pada suatu kelompok, semakin beragam bentuk komunikasi yang dilakukan oleh para anggota kelompok. Komunikasi juga terjadi tidak hanya antaranggota dalam satu kelompok, tapi juga antaranggota yang berasal dari kelompok yang berbeda.

Bentuk komunikasi yang pertama adalah komunikasi sosial. Komunikasi sosial terjadi dalam kelompok yang memiliki sistem budaya yang komplek. Berbagai macam nilai seperti nilai religius, norma, estetika, sudah memiliki suatu standar dalam suatu kelompok. Dengan komunikasi sosial, antaranggota kelompok melakukan komunikasi berdasar atas berbagai macam nilai tersebut. Komunikasi sosial memiliki peran cukup penting untuk membentuk masyarakat yang teratur, sesuai dengan nilai-nilai sosial yang berlaku.

Macam komunikasi selanjutnya adalah komunikasi ekspresif. Komunikasi ekpresif erat kaitannya dengan emosi seseorang. Komunikasi ekspresif dilakukan jika seseorang ingin mengungkapkan perasaan mereka kepada orang lain.
Lain lagi dengan komunikasi ritual. Komunikasi masih ada hubungannya dengan komunikasi ekpresif. Hanya saja komuikasi ritual merupakan komunikasi yang dilakukan sebagai sebuah ritus atau tradisi dalam suatu kelompok masyarakat. Dengan demikian, komunikasi ritual juga memiliki kemampuan seperti komunikasi sosial karena membentuk seorang anggota kelompok menjadi sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam kelompok.

Selanjutnya, ragam komunikasi yang terakhir adalah komunikasi instrumental. Komunikasi instrumental dilakukan seseorang untuk melakukan pengaruh secara nyata dalam suatu interaksi. Contoh komunikasi seperti ini dilakukan oleh seorang guru saat melakukan kegiatan belajar mengajar. Seorang guru berusaha mempengaruhi cara berpikir murid-muridnya untuk memecahkan suatu soal/permasalahan sesuai dengan metode ilmiah.

Dengan berbagai macam komunikasi maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi mempunyai fungsi sebagai wahana interaksi. Interaksi yang dilakukan oleh pelaku komunikasi akan menghasilkan suatu bentuk sosial sesuai dengan sistem budaya yang dikembangkan oleh suatu kelompok masyarakat.

Fungsi komunikasi sosial adalah membentuk seorag menjadi berbudaya seperti anggota kelompok yang lain. Komunikasi ekspresif bergfungsi sebagai saluran emosi seorang anggota kelompok. Cara berekspresi ini tentu harus sesuai dengan budaya kelompoknya. Komunikasi ritual merupakan cara seseorang untuk berlaku sesuai tradisi kelompok. Sementara itu, komunikasi intrumental merupakan sebuah cara mewariskan nilai kepada anggota dari generasi lebih muda. Demikianlah kesimpulan fungsi fungsi komunikasi.

Loading...
Selanjutnya : Kue Kacang Kering Panggang, Enak dan Punya Daya Jual
Sebelumnya: Gambaran Kerusakan Lingkungan Ekosistem Banjir
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar