Ketentuan Menulis Daftar Pustaka


Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi keterangan mengenai judul-judul referensi, artikel-artikel referensi, makalah-makalah referensi, maupun tulisan-tulisan referensi lainnya, yang oleh penulis buku dijadikan rujukan untuk membuat tulisan lainnya. Daftar pustaka diletakkan di halaman akhir sebuah buku.

Sama halnya daftar isi, Ketentuan menulis daftar pustaka juga diatur sedemikian rupa agar penulis tidak keliru dalam meletakkan nama penulis yang menjadi referensi tulisan/buku tersebut, tahun terbit, hingga peneribitnya. Semua itu dibuat dengan mengikuti aturan baku menulis daftar pustaka yang baik dan benar.

Ketentuan dalam Menulis Daftar Pustaka

• Urutan Daftar Pustaka

Aturan dalam penyusunan urutan daftar pustaka adalah berurut dari atas ke bawah dan harus mengikuti urutan huruf alfabet (a, b, c, sampai z).

• Menulis Nama Pengarang

Menulis nama pengarang dalam daftar pustaka sesuai aturan bahwa nama depan diletakkan setelah nama belakang pengarang. Jangan lupa memberi tanda koma (,) di antara keduanya. Contoh: nama pengarang adalah Yenni Oktriana, maka penulisan namanya di daftar pustaka menjadi Oktriana, Yenni.

• Menulis Tahun Terbit

Untuk menulis tahun terbit dalam daftar pustaka, terlebih dahulu bubuhkan tanda titik (.) setelah Anda menulis nama pengarang, baru kemudian tulis tahun terbit sesuai dengan tahun terbit buku yang Anda jadikan referensi tadi. Contohnya: Oktriana, Yenni. 1987.

• Menulis Judul Buku

Untuk menulis judul buku dalam daftar pustaka, gunakan model penulisan huruf italic. Bubuhkan kembali tanda titik setelah tahun terbit (Judul buku ditulis setelah tahun terbit). Contoh: Oktriana, Yenni.1987. Kerah Baju.

• Menulis Kota Terbit

Untuk menulis kota tempat terbitnya buku yang menjadi referensi Anda, bubuhkan terlebih dahulu tanda titik setelah judul buku. Contoh: Oktriana, Yenni. 1987. Kerah Baju. Sinabang.

• Menulis Nama Penerbit

Untuk menulis nama penerbit, bubuhkan terlebih dahulu tanda titik dua. Lalu, tulis nama penerbit buku yang Anda jadikan referensi tersebut. Contoh: Oktriana, Yenni. 1987. Kerah Baju. Sinabang: CV Pelangi.

Setelah menulis nama penerbit, maka selesailah tugas Anda menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Semoga dengan memahami ketentuan menulis daftar pustaka, karya Anda semakin sempurna. Selamat mencoba!

Selanjutnya : Aneka Resep Masakan Daging Sapi
Sebelumnya: Haid Setelah Melahirkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar