Berbagai Keunggulan New Megapro


PT. Astra Honda Motor telah berhasil menciptakan sekaligus mempertontonkan keunggulan New Megapro (NMP). Motor  terbaru produksi Honda  ini dianggap masih saudaranya Honda Tiger karena melihat bodynya yang hampir mirip.

Bahkan Bro Marco seorang guest utusan dari sebuah perkumpulan Honda Tiger Mailing List yang diundang dalam even tersebut  melakukan pengamatannya dengan detail dan seksama untuk menemukan bagian-bagian NMP yang mungkin bisa juga digunakan pada motor Tiger.

Beberapa Keunggulan New Mega Pro

Kehebatan motor NMP tentunya tidak akan lepas dari peran penting mesin motornya. Mesin NMP  150 cc ini memiliki daya maksimal 13,7 atau 8500 RPM dan maximum torsion 12,8 Nm /6500 RPM.

Mesin  tersebut juga dilengkapi pendingin udara agar dapat menstabilkan saat keberadaan mesin panas, sebuah klep buang dan klep masuk. Disarankan agar menggunakan bahan bakar pertamak karena mesin ini memiliki rasio kompresi 9,5:1.

Teknologi Canggih Mesin New Mega Pro

Selain itu terdapat 4 teknologi canggih pada mesin NMP, antara lain sebagai berikut.

• Teknologi mesin NMP low friction artinya mesin tersebut mempunyai low weight piston  yang kuat dengan ukurannya yang tidak berat serta mempunyai Roller rocker arm yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya gesekan. Dalam teknologi terbaru ini Honda New Mega pro dibekali piston 89 gram dan sebelumnya piston tersebut  berukuran berat 144 gram.

• NMP menggunakan teknologi fuel efficiency. Meskipun hanya ada sedikit bahan campuran fuel di dalam ruang pembakaran, tetapi pembakaran di dalamnya akan tetap full. Hal ini dikarenakan mesin NMP mempunyai Inlet Tumbler Port yang berfungsi agar campuran fuel didalamnya dialirkan dengan cara memanjang (vertical), Selain itu juga mempunyai ffset Crank-shaff sehingga proses pembakaran fuel didalamnya dapat bertahan untuk waktu lama.

• NMP disebut-sebut berteknologi Cooling Improvement karena  mempunyai pendinginan dan kekuatan piston yang lebih bagus karena mesin ini dipasangkan Oil Jet System sehingga oli di dalamnya langsung disemburkan ke bawah piston. Selain itu mempunyai cooling system yang lebih bagus pula karena terdapat dua sisi yang berfungsi untuk mengalirkan udara yag masuk yaitu sisi inlet dan busi.

• Teknologi terakhir pada mesin NMP adalah fuel supply and ignition control  artinya mesin ini dipasang karburator tipe constant velocity yang berfungsi untuk mengontrol fuel yang masuk agar disesuaikan dengan keperluan mesin. Mesin ini juga memiliki pengatur pengapian yang lebih bagus karena dibekali dengan multi mapping ignition.

Keunggulan New Megapro telah terlihat jelas dengan dukungan ke empat teknologi mesinnya sehingga motor ini menjadi motor unggulan terbaru di kelas Honda. Kehadirannya diharapkan menarik hati banyak orang khususnya para biker Honda.

Selanjutnya : Langkah Membuat Makalah tentang Kepercayaan dan Agama
Sebelumnya: Melukis Dengan Media Kaca
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar