Keunggulan Sumber Informasi Melalui Internet Dibanding Sumber Informasi Cetak


Keunggulan sumber informasi melalui internet dibanding sumber informasi cetak di zaman serba canggih seperti sekarang ini memang membuat banyak orang terkesan. Bagaimana tidak, dengan kecanggihan internet masyarakat bahkan hanya membutuhkan media ponsel dan jaringan selular untuk bisa berselancar di dunia maya guna mendapatkan informasi.

Di daerah terpencil sekalipun yang sedianya tidak dijangkau oleh sumber informasi media cetak, masyarakat tetap bisa mencari informasi melalui internet. Bahkan dengan pengeluaran yang lebih sedikit ketimbang ketika mereka memilih untuk mendapatkan informasi dari media cetak.

Kecepatan pembaruan informasi online juga lebih unggul dibandingkan dengan media cetak. Sebab alur sirkulasi penyampaian informasi dari sumber informasi kepada khalayak ramai dengan media internet jauh lebih cepat ketimbang media cetak yang memang harus melewati serangkaian proses cetak terlebih dahulu.

Selain itu juga penyedia informasi yang dapat diakses melalui internet lebih beragam tidak hanya dari kalangan jurnalis, wartawan atau reporter saja. Sebab masyarakat pada umumnya pun bahkan bisa bertindak sebagai penyedia atau pemberi informasi yang dipublish di internet hingga dapat diakses oleh masayarakat luas.

Informasi apapun dalam bidang apapun bisa ditemukan melalui internet. Baik dari dalam maupun di luar negeri. Semua hal bisa terakses dengan cepat bagi siapapun yang bisa terhubung dengan internet.

Awal kemunculan internet memang hanya terbatas pada jaringan nirkabel saja. Namun seiring berjalannya waktu, koneksi internet bahkan bisa didapatkan dengan menggunakan modem yang sifatnya menangkap sinyal selayaknya telepon selular untuk kemudian digunakan dalam mengakses internet. Telepon selular sendiri kini sudah sangat canggih.

Hampir kebanyakan perusahaan ponsel yang mengeluarkan produk baru, menambahkan fitur internet sebagai daya tarik utama dalam ponsel garapan mereka. Selain itu, provider atau penyedia jasa jaringan selular juga mengadakan inovasi-inovasi paket penggunaan jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya.

Tak terkecuali dalam fitur internet. Mereka bahkan membuat lini baru yang hanya khusus melayani penggunaan jaringan data internet yang dibedakan dari penggunaan layanan telepon dan sms.

Keunggulan sumber informasi melalui internet dibanding sumber informasi cetak ini nyatanya juga membuat para pengusaha media cetak untuk ikut merambah dunia internet dengan media cetak mereka.

Bisa dilihat dewasa ini, banyak media cetak yang membuat versi digital atau versi online dari media cetaknya agar bisa dapat terus mendapat tempat di hati masyarakat luas.

Selanjutnya : Membuat SIUP UKM
Sebelumnya: Bisnis Online PPC Tanpa Modal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar