Ragam Keunggulan Tanaman Karet dari Biji


Tanaman karet ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan getahnya saja. Sebab ternyata keunggulan tanaman karet dari bijinya juga dapat diambil kebermanfaatannya. Tak banyak yang mengetahui bahwa biji karet ternyata mengandung banyak minyak. Bahkan tak banyak pula yang memulai untuk memangfaatkannya sebagai sumber energi. Padahal sebenarnya, biji karet bisa menghasilkan energi-energi alternatif yang pengolahannya tentu akan menjadi sumber manfaat bagi masyarakat. Yang pertama adalah bahan bakar alternatif yang berasal dari limbah cangkang dari biji karet yang kemudian diolah menjadi briket. Lapisan cangkang biji karet ini sama kerasnya dengan lapisan tempurun kelapa yang juga biasa menjadi bahan pembuatan briket. Namun, pembuatan briket ini haruslah dipertimbangkan pula efek polusi udara yang mungkin akan ditimbulkan dari proses pembuatannya. Karenanya, inovasi-inovasi baru haruslah terus dikaji sehingga biji karet ini bisa dimanfaatkan untuk briket namun tidak mengganggu kesehatan organ tubuh manusia.

Biji karet juga dapat dipergunakan untuk biokerosin yakni minyak tanah yang berasal dari sumber daya alam hayati terbarukan. Biji karet diharapkan mampu menjadi biokerosin untuk minyak tanah dan berdaya guna meningkatkan pendapatan petani karet yang selama ini hanya mengandalkan penghidupan dari getah karet saja. Selain itu juga biokerosin ini bisa bermanfaat untuk mengatasi krisis minyak tanah. Di mana sekalipun sudah terjadi konversi minyak tanah ke gas, tetap saja ada masyarakat yang tetap memilih untuk menggunakan minyak tanah karena satu dan lain hal. Biokerosin ini tentu menjadi alternatif bagi mereka untuk mendapatkan minyak tanah dengan harga yang relatif murah.

Selain briket dan biokerosin, biji karet sedianya juga berpeluang untuk dikembangkan menjadi biopelet dan biodiesel. Sebab kandungan minyak yang terkandung dalam biji karet memang memungkinkan untuknya melalui proses-proses pembuatan sumber energi tersebut. Namun sepertinya belum banyak pihak yang tertarik untuk mengembangkan hal ini. Sekalipun sebenarnya peluang pemanfaatan biji karet ini sangat memungkinkan jika ditilik lagi jumlah lahan karet yang tersebar di seluruh pelosok negeri ini. Semoga saja ke depannya, akan banyak ilmuwan yang mengelola keunggulan tanaman karet dari biji yang manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Selanjutnya : Kata-kata Mutiara Hadist Kehidupan
Sebelumnya: Pembukuan Usaha Bakery
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar