Keunikan Peradaban Negara Cina


Keunikan peradaban negara Cina tidak perlu diragukan. Sebab, negara tersebut memiliki peradaban tertua di dunia. Bukti itu diperkut penemuan bidang arkeologi maupun antropologi. Sejak 1,7 juta tahun lalu, manusia purba mendiami daerah Cina. Tidak mengherankan bila dalam satu hadisnya Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan soal mencari ilmu sampai ke negeri Cina. Itu menunjukkan bahwa peradaban modern Islam pun mengakui tingginya peradaban Cina.

Peradaban Cina

Peradaban Cina dimulai sejak sekitar 1750 SM ketika Dinasti Shang berkuasa di kawasan lembah Sungai Kuning atau setara dengan zaman neolitikum. Salah bukti peradaban bisa diketahui dari penemuan arkeologi yang berupa cangkang kura-kura yang di atasnya tertulis aksara Cina dari Dinasti Shang.

Sastra dan filsafat berkembang dengan baik sejak zaman Dinasti Zhou yang diperkirakan hidup pada 1045–256 SM. Dinasti Zhou merupakan dinasti yang paling lama berkuasa di Cina. Jejaknya bersambung ke peradaban modern Cina.

Berdasarkan banyak bukti dari penelitian kepurbakalaan, Homo erectus hidup sejak zaman paleolitikum di daratan Cina. Hal tersebut diperkuat temuan situs Xiaochangliang yang diperkirakan berumur 1,36 juta tahun.

Peradaban masyarakat yang mulai menggunakan api ditemukan di situs Xihoudu. Peradaban tersebut diperkirakan berusia 1,27 juta tahun. Itulah peradaban pertama Homo erectus yang menggunakan api sebagai alat bantu dalam kehidupan bermasyarakat.

Keunikan peradaban Cina lainnya bisa dilihat dari penemuan tembikar yang diperkirakan diproduksi pada zaman neolitikum. Bukti-bukti arkeologi pada temuan tersebut bisa melacak kehidupan sampai 10.000 SM. Bahkan, pada akhir zaman ini lembah Sungai Kuning diyakini mulai menjadi pusat kebudayaan. Hal itu diperkuat adanya temuan arkeologi di Banpo, daerah Xian.

Kebudayaan yang berkembang di sebuah daerah yang bernama Xinzheng, Peiligang, menjadi bukti mulai berkembangnya pertanian. Bahkan, masyarakatnya diyakini memiliki kemampuan menyimpan hasil panen. Artinya, kebudayaan produksi dan pendistribusian telah berkembang dengan baik. Sungai yang menjadi pusat kebudayaan kuno tersebut dinamakan Kuning karena terdapat sedimen batuan kuning yang bertumpuk di pinggir sungai.

Bukti menarik lainnya soal peradaban Cina, sejak sekitar 7000 SM, penduduk Cina memiliki kemampuan bercocok tanam milet. Dari situ, berkembang kebudayaan Jiahu. Dalam rentang 6000–5000 SM, di gua-gua di Damaidi, sebuah kawasan di Ningxia, ditemukan 3.172 lukisan yang menggunakan tulisan Cina. Itu menjadi pertanda bahwa tulis-menulis lama dikenal dalam peradaban Cina.

Selanjutnya : Kenal Lebih Dekat Kartu Matrix Indosat
Sebelumnya: Pengetahuan Planet di Planetarium
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar