Keunikan Rajawali: Kejam Mengajari Anak Terbang


Saat terbang, rajawali tidak tampak unik. Ketika mengajari anaknya terbang, keunikan rajawali muncul. Mungkin, itulah salah satu cara induk rajawali mengajari agar anaknya segera bisa terbang dan hidup mandiri. Ada filosofi bernilai tinggi yang patut menjadi pelajaran bagi manusia. Sesungguhnya, Allah SWT telah menjadikan seluruh alam dan seisinya sebagai bahan pelajaran bagi orang-orang yang berpikir.

Ketika pertama kali mengajari anaknya terbang, rajawali tidak membawa anaknya ke ketinggian tertentu. Induk rajawali mengajari anaknya terbang dengan menggoyang-goyangkan sarang sehingga anaknya meronta. Hal tersebut terus dilakukan sang induk sampai anaknya benar-benar bisa terbang.

Sepintas, cara seperti itu tampak kejam. Tetapi, dengan cara menggoyang-goyangkan sarang tersebut, sayap anak rajawali justru langsung diaktifkan. Sayapnya akan menggelepar-gelepar sehingga terlatih untuk bergerak sampai benar-benar bisa digunakan untuk terbang.

Keunikan Rajawali Lainnya

Sebenarnya, induk rajawali termasuk burung penyayang. Hal itu tampak sejak sang induk membuat sarang. Sarang rajawali biasanya dibuat di atas bukit yang jarang terjamah manusia.

Dengan demikian, rajawali bebas bertelur sampai telur tersebut menetas menjadi anak rajawali. Sarangnya pun dibuat dari ranting berduri yang dilapisi rerumputan dan bulu-bulu halus.

Begitu telur menetas, anak rajawali akan berada dalam sarang yang nyaman dan aman dari gangguan binatang lain maupun manusia. Semua kenyaman tersebut akan membuat anak rajawali malas meninggalkan sarang. Karena itu, ketika akan mengajari terbang, induk rajawali akan menggoyang-goyangkan sarang sehingga anak-anaknya terjaga dan tertantang untuk terbang.

Kadang, ketika bertengger di atas dahan, anak rajawali kehabisan tenaga sehingga terjatuh. Saat terjatuh, ada yang terus tersungkur ke tanah. Ada pula yang berhasil hinggap di dahan yang lebih rendah.

Tentu induk rajawali tidak membiarkan anak-anaknya celaka. Dari kejauhan dia akan memperhatikan anak-anaknya yang sedang belajar terbang. Kalaupun ada yang terjatuh, dengan sigap dia akan mengepakkan sayapnya untuk menolong.

Kepak sayap rajawali yang lebar dan besar seolah memberikan jaminan bahwa siapa pun akan aman dalam perlindungannya. Itulah keunikan rajawali. Kehadirannya memperindah cakrawala. Selain itu, banyak pelajaran yang bisa dipetik manusia.

Selanjutnya : Langkah langkah Manajemen Resiko
Sebelumnya: Perluasan Makna Kata dalam Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar