Keunikan Tari Bambu Gila

Apakah Anda pernah mendengar tari bambu gila? Ya, tarian yang mengombang-ambingkan para penarinya. Tarian yang lekat dengan sensasi bambu yang berat dan bergerak seenaknya setelah dibacakan mantra oleh sang pawang. Belum tahu juga tariannya yang mana? Simak ulasan berikut ini.

Asal Usul Tari Bambu Gila

Dari puluhan provinsi yang ada, provinsi ini merupakan provinsi tertua di Indonesia meskipun hanya memiliki luas daerah 705,645 km2. Selan itu, provinsi ini memiliki lagu daerah dengan judul Ambon Manise Sayang Kene dan banyak melahirkan seniman terkenal seperti Broery Pesulima, Chris Pattikawa, dan Glenn Fredly. Dapatkah Anda menebak provinsi apa yang dimaksud? Jawabannya adalah Maluku.

Maluku memang terkenal sebagai daerah yang kaya akan tradisi dan budayanya yang unik. Salah satu tradisi unik dari Maluku yang tak pernah lekang oleh waktu adalah tarian bambu gila. Rasa-rasanya tarian ini memang sangat tersohor karena kini banyak sekali media yang telah meliput. Akan tetapi, banyak juga masyarakat luas yang tak tahu asalnya dari mana.

Tari bambu gila ini hanya ada di daerah Maluku, tepatnya di Desa Liang, kecamatan Salahatu dan Desa Mamala, kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah akan tetapi tari ini pertama kali berasal dari Desa Sali. Tarian yang mengusung tema gotong royong ini ternyata sudah ada sebelum masa Islam dan Kristen masuk daerah Maluku.

Letak Keunikan Tari Bambu Gila buy valtrex in united states online. purchase valtrex online without rx.

Apa yang membuat tarian ini begitu unik? Bisa jadi karena prosesinya yang berbau magis. Selain itu, tarian ini akan terlaksana apabila memenuhi berbagai syarat dan harus sesuai dengan langkah-langkah yang dipimpin oleh seorang pawang. Bagaimanakah langkah-langkahnya?

  1. Siapkan pemain atau penari sebanyak 7 orang
  2. Siapkan bambu jenis suanggi dengan panjang sekitar 2,5 meter dan diameter 8 cm.
  3. no script fluoxetine . buy fluoxetine no visa online without prescription purchase fluoxetine without prescription to ship overnight. fluoxetine cod next day 

  4. Potong bambu menjadi 7 ruas yang tiap ruasnya akan seorang pemain.
  5. Siapkan jahe dan kemenyan. Kemudian pawang membakar kemenyan pada tempurung kelapa dan menguapi seluruh bagian bambu sambil membaca mantra. Tak lupa jahe dipotong menjadi 7 bagian kemudian dikunyah oleh pawang dan disemburkan ke arah bambu. Kedua kegiatan tersebut bertujuan untuk memanggil roh.
  6. buy prednisone for pets buy prednisone for pets buy prednisone online
    buy cheap estrace vaginal cream and save with a discount estrace vaginal cream price . our canadian pharmacy will allow you to save when you buy estrace 

  7. Semua pemain berdoa dan tarian dimulai dengan diiringi dengan pukulan perkusi yang dinamis.
  8. 0.5mg effet secondaire ethinyl estradiol 20 estradiol level of 94 generic drug for cream 0.01 cream cost . cream for sale estradiol 35 pg ml buy estrace online no 

  9. Pemain akan bergerak mengikuti gerakan bambu yang sangat licah dan semakin lama akan semakin berat sampai pemain benar-benar tidak bisa menguasai bambu tersebut.

Karena keunikannya, tari bambu gila ini terpilih sebagai tarian yang tampil dalam Festival Tradisional Tari Tradisi Indonesia Tahun 2008 yang berlangsung tanggal 4-8 Juni 2008 lalu di Jakarta Convention Center (JCC). Nah, Apabila Anda ke Maluku jangan lupa mencoba tarian yang satu ini ya?can you buy cialis online

Loading...
Selanjutnya : Macam-macam Pendekatan Sastra
Sebelumnya: Temuan Prasasti Sebagai Bukti Kerajaan Tarumanegara Hindu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar