Keuntungan Jaringan Komputer Berdasarkan Broadcast


Sebelum membahas apa saja keuntungan jaringan komputer berdasarkan broadcast, kita harus tahu terlebih dahulu tujuan pemasangan jaringan komputer tersebut. Secara umum, ada beberapa tujuan seseorang memasang jaringan komputer.

Di antaranya, resource sharing atau berbagi sumber antara dua orang atau lebih tanpa dipengaruhi lokasi sumber. Tujuan kedua adalah menyediakan sumber-sumber yang andal sehingga bisa diakses kapan pun. Selain itu, menghemat pengeluaran, memudahkan menambah komputer server, meningkatkan kinerja, dan membuat media komunikasi dalam satu lokasi yang sama.

Tujuan pemasangan jaringan komputer lainnya adalah mempercepat pengiriman data, memudahkan komunikasi dengan berbagai media komunikasi secara langsung tanpa terkendala jarak. Integrasi data, keamanan data, dan berbagai sumber hiburan adalah keuntungan lainnya.

Keuntungan Berdasarkan Broadcast

Lalu, apa sebenarnya keuntungan jaringan komputer berdasarkan broadcast? Jaringan broadcast memungkinkan pengiriman dan pemilahan informasi yang dikirim dari sumber kepada mesin penerima pada jaringan itu.

Semakin baik broadcast, mesin semakin mungkin memilah sendiri pesan yang dikirim. Misalnya, dalam sebuah kantor tersedia jaringan komputer dari pusat ke belasan mesin penerima.

Jaringan broadcast memungkinkan sebuah mesin penerima menyeleksi apakah pesan tersebut dikirim untuk mesin A atau lainnya. Hal tersebut bisa dilakukan karena pada setiap pengiriman pesan akan tertulis alamat penerima. Bila alamat sesuai dengan tujuan, mesin akan memprosesnya. Sebaliknya, jika alamat tidak sesuai, mesin dengan sendirinya akan mengabaikannya.

Komputer juga bisa menggunakan jaringan point-to-point. Itu adalah koneksi antara mesin dalam satu area tertentu. Berbeda dari cara kerja broadcast, pada sistem jaringan point-to-point sebuah pesan yang dikirim harus melalui mesin-mesin perantara sebelum sampai kepada penerima.

Bahkan, tidak sedikit yang harus melalui rute panjang. Karena itu, untuk pemasangan jaringan yang secara geografis berdekatan, orang cenderung menggunakan broadcast. Untuk jaringan yang lebih besar, biasanya digunakan jaringan point-to-point.

Selain dengan jaringan broadcast, jaringan komputer bekerja dengan media transmisi. Namun, pada penggunaan media transmisi, pengguna maupun penerima akan sangat bergantung pada biaya pengadaan infrastruktur, biaya operasional, dan biaya instalasi.

Teknik instalasi juga memiliki tingkat kesulitan yang berlainan sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Demikianlah keuntungan jaringan komputer berdasarkan broadcast.

Selanjutnya : Program Studi Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana
Sebelumnya: Karya Ilmiah Universitas Terbuka
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar