Kerugian dan Keuntungan Perdagangan Internasional

Keuntungan perdagangan Internasional memberikan manfaat dan keuntungan tersendiri untuk Indonesia. Diantarannya, terjadi peningkatan pendapatan negara yang ditandai dengan bertambahnya devisa umum dari hasil ekspor.

Menyeimbangkan hasil produksi di dalam negeri yang tidak laku dapat di jual ke negara lain untuk mendapatkan kebutuhanbarang/jasa. Adapun keuntungan lain seperti meningkatkan perindustrian dalam negeri, mengembangkan dunia usaha, meningkatkan pendapatan masyarakat. Pendapatan masyarakat naik, maka secara tidak langsung juga membantu pemerintah dalam pemerataan pendapatan penduduk Indonesia dan mengurangi angka kemiskinan.

Keuntungan perdagangan internasional terbukti mampu mendorong terjalinnya hubungan ekonomi secara timbal balik. Tidak semua orang tahu langkah melakukan kerjasama dengan internasional, ada beberapa macam perdagangan internasional yang perlu di ketahui jika ingin berkecimpung di dalamnya.

Ada perdagangan bilateran atau perdagangan yang dilakukan dengan dua negara, ada pula perdagangan regional. Perdagangan regional perdagangan yang kerjasamannya masih dalam batasan wilayah, misalnya kerjasama dengan anggota ASEAN saja, atau dengan Eropa saja. Adapun perdagangan antar-regional.

Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional tidak akan terwujud begitu saja jika tidak dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorongnya. Ada banyak unsur pendorong terciptanya perdagangan internasional, karena banyaknya angka kemiskinan yang menyebabkan suatu negara harus melakukan kerjasama agar dapat menyejahterakan rakyatnya.

Faktor lain karena stok atau persediaan di dalam negeri terbatas. Salah satu menyeimbangkan permintaan yang ada, maka perlu membeli barang atau bahan dari luar negeri yang memiliki banyak cadangan yang lebih besar, dan masih banyak penyebab lainnya.

Hambatan yang sering muncul dalam kerjasama internasional ada banyak hal. salah satunya perbedaan mata uang antar negara. Sebagai gambaran perbedaan mata uang, seperti yang kita tahu biaya hidup orang Jepang sangat mahal dibandingkan Indonesia, ketika barang dari jepang masuk ke Indonesia terjadi lonjakan harga.

Bagi negara jepang harga itu harga standar, namun bagi Indonesia harga itu sangat mahal harganya untuk ukuran orang Indonesia. Selain mata uang, hambatan yang lain adalah kualitas sumber daya yang rendah, pembayaran antar negara sulit dengan resiko jauh lebih besar. Bahkan seringkali terbentur pada kebijakan impor dan ekspor suatu negara yang berbeda dengan aturan dalam negeri.

Jadi, inilah seluk beluk dari perdagangan internasional. Di sisi lain memberi kerugian, di sisi lain memberikan keuntungan perdagangan internasional pada negara kita. Itulah siklus, selalu ada sisi negatif dan buruknya. Untuk mencapai hal itupun harus melalui berbagai prosedur terlebih dahulu.

Loading...
Selanjutnya : Cara Menelpon ke Taiwan dengan 007
Sebelumnya: Mempelajari 4 Kiat Sukses Wawancara Beasiswa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar