Keuntungan Perdagangan Luar Negeri


Perdagangan luar negeri adalah suatu perdagangan yang dilakukan oleh suatu penduduk dengan negara di luar negaranya sendiri berdasarkan kesepakatan bersama. Jenis perdagangan ini biasa juga dikenal sebagai perdagangan internasional.

Penduduk yang merupakan pelaku dari perdagangan ini dapat berupa antar individu dengan individu lain atau antar individu dengan pemerintah suatu negara. Negara yang bertindak sebagai penjual dalam perdagangan tersebut biasanya memperoleh keuntungan perdagangan luar negeri dalam bentuk peningkatan Pendapatan Domestik Bruto atau PDB.

Sebenarnya perdangangan luar negeri ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu atau telah terjadi selama ribuan tahun lamanya. Hal ini dapat dilihat darri Jalur Sutra atau pun kisah mengenai Turki di masa lalu yang merupakan tempat saling bertemunya para saudagar antar negara untuk berdagang. Manfaat dari perdagangan luar negeri ini dapat dirasakan dalam segala aspek, yaitu ekonomi, politik dan sosial.

Beberapa hal lain yang juga merupakan manfaat dari perdagangan luar negeri ini adalah terpicunya industrialisasi, perkembangan transportasi dan globalisasi, serta keberadaan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional adalah suatu perusahaan yang memiliki unit kerja di beberapa negara sekaligus, misalnya pabrik di beberapa lokasi negara dengan layanan operasi dan penjualan yang juga tersebar di berbagai negara. Contoh dari perusahaan multinasional ini adalah P&G dan Unilever.

Biasanya perdagangan luar negeri ini diatur dalam perjanjian bilateral antar dua negara. Beberapa faktor yang menunjang terjadinya perdagangan internasional ini adalah potensi alam di suatu negara, demi memenuhi kebutuhan barang dan jasa di dalam negeri, memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara, perbedaan kemampuan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengolah sumber daya ekonomi, keterbatasan produksi akibat perbedaan budaya, iklim, sumber daya alam dan tenaga kerja, kesamaan selera pada suatu barang, era globalisasi yang membuat suatu negara tak dapat hidup sendiri tanpa negara lain.

Manfaat yang dapat dipetik dari perdagangan luar negeri ini adalah terjalinnya persahabatan antar negara, memenuhi kebutuhan barang yang produksinya terbatas di negeri sendiri (misalnya kasus kenaikan harga cabai dan daging sapi yang membuat Indonesia mengambil langkah untuk mengimpor barang-barang kebutuhan tersebut), mendapatkan keuntungan spesialisasi, transfer pengetahuan mengenai teknologi dan transfer teknologi modern. Demikianlah beberapa keuntungan perdagangan luar negeri.

Selanjutnya : Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Selalu Berkicau
Sebelumnya: Kios Burung Pasar Hamadi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar