Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam


Kewajiban menuntut ilmu dalam Islam hukumnya adalah wajib bagi muslim perempuan dan muslim laki-laki sesuai dengan hadis Rasulullah saw. Kewajiban menuntut ilmu ini mulai dari buaian ibu atau masih bayi sampai liang lahat atau meninggal.

Hukum wajib dalam hal ini mempunyai arti apabila dikerjakan, maka akan mendapat pahala tetapi apabila tidak dikerjakan maka akan mendapat dosa.

Islam menjelaskan tentang keutamaan menuntut ilmu. Islam selalu menyerukan dan memotivasi umat muslim untuk menekuni ilmu pengetahuan, menuntut ilmu setinggi mungkin, menuntut ilmu sebanyak mungkin, mempelajari, mengamalkan ilmu yang diperolehnya, dan mengajarkan ilmu yang telah didapatnya kepada orang lain.

Menuntut ilmu merupakan suatu aspek wahyu Illahi. Artinya, ilmu yang dipelajari berupa ilmu yang diperoleh melalui wahyu Illahi. Misalnya, tentang pertanyaan asal mula manusia, tujuan hidupnya, tentang surga, neraka, dan tentang kehidupan setelah kehidupan dunia.

Menuntut ilmu merupakan aspek humaniora atau aspek manusia dan kajian yang berkaitan. Misalnya, ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia sebagai individu maupun anggota masyarakat yang berkaitan dengan hubungan sosial, politik, ekonomi, hukum, dan sebagainya. Ilmu ini membahas tentang segi kehidupan manusia.

Menuntut ilmu merupakan aspek material. Artinya, ilmu ini mempelajari tentang ilmu materi di dunia. Misalnya, ilmu fisika, kimia, biologi, astronomi dan sebagainya merupakan ilmu materi yang ada di dunia. Islam menganggap bahwa aspek material dapat memperkuat keimanan bagi yang mendalaminya dengan baik.

Pengaruh ilmu terhadap tingkah laku manusia, yaitu ilmu akan memberi petunjuk terhadap iman, ilmu merupakan penuntun amal dan ilmu merupakan suatu kelebihan daripada ibadah.

Ilmu memberi petunjuk terhadap iman, maksudnya adalah ilmu dan iman beriringan dalam Islam dengan kata lain tidak ada iman apabila tidak mempunyai ilmu. Ilmu menuntun dan membimbing seseorang agar mempunyai amal. Untuk dapat berakhlak dengan baik, seseorang harus mempunyai ilmu.

Beberapa adab penting dalam menuntut ilmu yaitu selalu bersemangat dalam mencari ilmu, memuliakan guru, tidak pernah berhenti menuntut ilmu dan menuntut ilmu diniatkan karena Allah Swt.

Begitu dahsyatnya, kewajiban menuntut ilmu dalam Islam. Oleh karena itu, kita yang sedang menuntut ilmu harus dilakukan dengan baik dan tidak boleh bermalas-malasan dalam mendapatkan ilmu.

Selanjutnya : Puisi Tema Sosial Kesehatan
Sebelumnya: Minyak Misik untuk Memandikan Senjata Kramat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar