Mengintip Fungsi Keyboard Komputer

Keyboard komputer mempunyai banyak fungsi dan fungsi keyboard komputer tidak dapat digantikan oleh perangkat yang lain. Bayangkan saja, jika laptop atau PC Anda tanpa keybord, Anda pun akan kesulitan penggunakan mouse dan keybord asesori. Oleh karena itu, keberadaan keyboad sangatlah penting. Tanpa keyboard, penggunaan komputer pun menjadi terhambat.

Bagi orang awam yang sekadar menggunakan angka dan huruf pada keyboard, pasti akan bertanya-tanya, kenapa di dalam keyboard terdapat banyak sekali tombol? Barangkali, Anda sendiri tidak mengetahui secara keseluruhan fungsi tombol yang ada pada keyboard.

Fungsi Umum Keyboard

Setiap tombol yang ada pada keyboard mempunyai fungsi. Biasanya, orang-orang hanya mengetahui fungsi satu tombol saja di di dalam keyboard. Tombol tersebut misalnya saja huruf “a”, huruf “b”, huruf “c”. Tombol tersebut adalah tombol untuk menuliskan huruf A-Z.  Selanjutnya, ada tombol keyboard untuk menuliskan titik (.), tanda koma (,), tanda tanya (?), dan sebagainya. Ada pula tombol keyboard untuk menuliskan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan seterusnya.

Di samping itu, ada tombol back space. Tombol tersebut mempunyai fungsi untuk  menghapus satu karakter yang terlanjur telah diketik. Tombol caps lock mempunyai fungsi untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital atau huruf kecil. Jika lampu yang ada pada keyboard Anda menyala berarti caps lock sedang menunjukkan huruf kapital, begitu pula sebaliknya.

Ada pula tombol Esc. Tombol ini berfungsi sebagai pembatal perintah yang ada di dalam menu. Semua program atau perintah apa pun akan berhenti ketika Anda memencet tombol Esc.  Selanjutnya, tombol enter. Barangkali, tombol enter lebih sering Anda pencet daripada tombol Esc. Tombol enter mempunyai fungsi untuk memidahkan baris yang lama ke baris yang baru ketika kita mengetik atau membuat kolom.

Tombol yang tidak kalah penting yakni page up. Tombol ini mempunyai fungsi ketika Anda ingin menggerakkan dari dalam satu layar menuju ke bagian paling atas. Ada pula tombol page dn atau pake down. Tombol ini mempunyai fungsi kebalikan dari tombol page up dengan menggembalikan ke tempat semula. Itulah fungsi keyboard komputer secara umum.

Fungsi Keyboard Secara Khusus

Fungsi selanjutnya yakni fungsi keyboard secara khusus. Sebenarnya, penggunakan istilah umum dan khusus hanya untuk membedakan penggunaan satu tombol dan dua tombol pada keyboard. Fungsi keyboard secara khusus yang pertama, yaki ketika Anda memencet Ctrl + A yang berarti sama dengan  Select All, ketika memencet  Ctrl + C ini berarti Anda meng-copy. Ketika Anda memencet Ctrl + D jika Anda ingin mengatur atau mengubah Font.

Demikianlah penjelasan tentang fungsi keyboard komputer baik secara umum maupun khusus. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Usaha Jual Sepatu untuk Pemula
Sebelumnya: Cerpen Anak dan Gambarnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...