Khamr Haram

Khamr adalah minuman yang mengandung alkohol di dalamnya. Jadi wajar bila dikatakan bahwa khamr haram. Karena kandungan alkohol yang terdapat di dalamnya.

Asal Usul Khamr

Loading...

Khamr berasal dari kosa kata bahasa Arab. Kalau di dalam bahasa lain banyak namanya. Khamr dalam bahasa Indonesia disebut juga miras atau minuman keras. Di negara lain seperti negara barat, khamr memiliki berbagai jenis sebutan, mulai dari wine, cognac, vodka, beer, dan sebagainya.

Namun apapun namanya dan bagaimana pun bentuknya satu hal yang harus diyakini oleh orang Islam, bahwa khamr atau minuman keras itu haram.

Contoh-contoh khamr yang banyak kita temukan di Indonesia antara lain adalah

  • Ber$aneka jenis bir misalnya : bir bintang, bir pilsener, anker bir,  anggur ketan Hitam, dsb.
  • Be$raneka jenis arak masak seperti   ang ciu atau arak merah, arak mie, arak putih, arak gentong,  sari tape, sake, dan sebagainya.
  • Ber$aneka bahan roti yang  mengandung  alkohol misalnya  rhum, essence yang mengandung  alkohol, dan sebagainya
  • Beraneka jenis cairan yang mengandung alkohol plus keluarganya seperti metanol, butanol(spiritus), etanol, propanol,dan sebagainya
  • Prod$uk coklat yang mengandung khamr
  • Kirsch, wine, brandy, spirits, dan sebagainya

Tape dan Buah-buahan yang mengandung Alkohol

Majelis Ulama Indonesia telah melakukan penelitian terhadap sejumlah buah-buahan dan makan khas Indonesia yang diduga mengandung alkohol di dalamnya seperti tape, peuyeum, durian, sirsak, brem madiun, dan lain-lain. Semua makanan dan buah ini halal untuk dikonsumsi oleh umat Muslim karena tidak memiliki efek yang memabukkan.

Walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak sekalipun, makan durian atau sirsak atau lengkeng tidak mampu membuat seseorang yang memakannya menjadi kehilangan kesadarannya.

Minuman 0% Alkohol Haram

Walaupun pada kemasannya tertulis ada bir yang mengandung 0% alkohol. Namun pada kenyataannya MUI memastikan bahwa minuman-minuma tersebut haram karena mengandung unsur yang memabukkan.

Mengenali Khamr

Sebenarnya untuk orang awam sekalipun tidak sulit untuk mengenali apakah semua minuman mengandung alkohol atau tidak. Dari abunya yang tercium begitu tajam dan beraroma yang agak menusuk hidung,maka anda sebaiknya curiga dan langsung bertanya pada si pemberi minuman. Apakah minuman tersebut mengandung alkohol ataukah tidak.

Jika minuman tersebut jelas mengandung  alkohol, apalagi yang anda tunggu. Singkirkan saja segera minuman tersebut. Karena khamr haram adalah minuman yang mampu menghilangkan akal waras si peminum karena alkohol yang dikandungnya memiliki pengaruh memabukkan.

Loading...
Selanjutnya : Bagaimana Cara Instal Game 3 Kingdom di PC?
Sebelumnya: Mengenali Ciri-ciri Debitur KPR yang Baik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar