Khasiat Asmaul Husna dalam Kehidupan Sehari-hari

Khasiat asmaul husna sudah kerap menjadi perbincangan dan diyakini sebagai penunjang kehidupan kaum muslimin. Asmaul husna adalah gelar atau nama-nama baik Allah Swt., sang Pencipta. Secara keseluruhan, jumlah asmaul husna ada 99 dan puluhan nama ini menggambarkan sifat-sifat baik dan agung yang hanya dimiliki oleh Allah.

Asmaul husna kerap diucapkan saat berdzikir. Berdzikir berarti mengingat Allah dengan cara menyebut nama dan memuji-Nya. Dalam agama Islam, berdzikir adalah salah satu amalan ibadah yang tak hanya mendapat pahala tapi juga memberikan banyak manfaat. Misalnya, mampu mempertebal iman, meningkatkan rasa cinta pada sang Pencipta, termasuk mampu memberikan ketenangan batin pada siapa pun yang berdzikir.

Loading...

Manfaat dzikir tak hanya sampai di situ. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak orang yang yakin bahwa berdzikir dan menyebut nama-nama baik Allah memiliki banyak keuntungan bagi kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat. Tentu saja, dzikir yang dilakukan memiliki syarat-syarat tertentu, salah satunya adalah khusyuk dan meresapi arti dari asmaul husna.

Setiap asmaul husna diyakini memiliki khasiat masing-masing bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah sedikit contoh dzikir asmaul husna yang jika dilakukan dengan benar, maka akan mendatangkan keuntungan.

  1. Ya Rahman, dari asmaul husna Ar Rahman yang berarti Allah memiliki sifat Maha Pemurah. Bila diucapkan 500 kali setiap selesai shalat, hati akan mendapat ketenangan. Seluruh rasa gelisah, tegang, dan gugup akan hilang dengan seizin-Nya.
  2. Ya Quddus, dari asmaul husna Al Quddus yang artinya Allah memiliki sifat Maha Suci. Jika didzikirkan setiap pagi sebanyak 100 kali, Insya Allah kita akan terhindar dari rasa angkuh, sombong, iri hati, dan juga dengki.
  3. Ya Salam, dari asmaul husna As Salam yang artinya Allah memiliki sifat Maha Pemberi Kesejahteraan. Jika mengucap dzikir ini, maka kita akan diberi kesehatan jasmani dan rohani, sehingga kita pun bisa hidup dengan sejahtera.

Demikianlah sebagian contoh dzikir dan khasiat asmaul husna yang bisa Anda buktikan sendiri.  Selain itu, masih ada puluhan nama baik Allah Swt. yang jika dihafalkan akan memberikan keuntungan, salah satunya adalah masuk surga.

Loading...
Selanjutnya : Mawar Si Bunga Nasional Inggris
Sebelumnya: Memahami Unsur Intrinsik Film Laskar Pelangi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar