Khasiat Biji Gandum untuk Kesehatan

Khasiat biji gandum cukup banyak bagi kesehatan manusia. Tidak hanya sekedar sebagai makanan pokok atau sumber karbohidrat saja. Tetapi, gandum juga memiliki zat gizi lain yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Sebelum kita membahas manfaat biji gandum, ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu gandum. Gandum merupakan salah satu makanan pokok selain beras. Gandum termasuk dalam kerajaan plantae, divisi magnoliophyta, ordo poales, falimi poaceae, dan genus triticum L.

Loading...

Secara umum, gandum dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu hard wheat, soft wheat, dan drum wheat. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci.

1.  Hard wheat merupakan salah satu jenis gandum yang paling banyak ditanam di dunia. Gandum jenis ini banyak dipakai sebagai bahan baku pembuatan roti karena memiliki kadar protein yang tinggi. Karakteristik gandum ini adalah memiliki kulit luar yang berwarna coklat, berbiji keras, dan berdaya serap air tinggi

2.  Soft wheat merupakan jenis gandum yang jarang dibudidayakan. Jenis ini juga biasa digunakan untuk membuat biskuit dan roti. Karakteristik jenis ini adalah setiap bulirnya terdiri dari tiga sampai lima buah, berwarna putih sampai merah, berbiji lunak, berdaya serap air rendah dan berkadar protein rendah.

3.  Drum wheat termasuk dalam jenis gandum khusus. Biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat produk pasta seperti makaroni dan spageti. Karakteristik gandum ini adalah memiliki endosperma yang berwarna kuning, biji lebih keras, dan kulit yang berwarna coklat.

Selanjutnya, biji gandum memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan manusia. berikut ini beberapa khasiat biji gandum untuk kesehatan tubuh kita.

1.  Melancarkan Pencernaan

Biji gandum dapat memperlancar pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Serat ini berfungsi untuk menghaluskan feces manusia. maka dari itu, jika kita sulit bungan air besar, tak ada salahnya mengonsumsi biji gandum ini. Gandum ini dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk biji atau sudah melalui pengolahan menjadi roti atau pasta.

2.  Membantu program diet

Mengonsumsi biji gandum atau hasil olahannya, dapat membuat perut kita merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan biji gandum memiliki kandungan serat yang tinggi. Maka tak heran, jika makanan ini cocok dikonsumsi oleh orang yang menjalankan program diet.

3.  Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Biji gandum memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

4.  Mengobati penyakit kolesterol

Biji gandum dapat mengobati penyakit kolesterol karena memiliki kadar serat yang tinggi. Serat ini akan mengikat kolesterol, lemak, dan juga asam empedu sehingga kadar kolesterol dalam tubuh akan terkontrol.

5.  Mengobati penyakit diabetes

Biji gandum merupakan salah satu bahan pokok yang memiliki kandungan gula rendah dibandingkan dengan sumber karbohidrat yang lain. Maka tak heran jika biji gandum sangat cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Demikianlah uraian tentang khasiat biji gandum. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Ada Apa Saja di Kota Bukit Tinggi dan Tempat Wisatanya?
Sebelumnya: Bagaimana Kehidupan TKI di Australia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar