Khasiat Buah Markisa Kuning dan Buah Markisa Ungu


 

Markisa biasa juga dikenal sebagai buah susu, rasanya sedikit asam dan manis. Biasanya buah ini lebih dikenal ketika sudah dalam bentuk sirup. Tetapi sebenarnya buah ini bisa dimakan begitu saja selain dijadikan minuman. Pohon markisa tumbuh di negara-negara dengan iklim tropis dan subtropis.

Biasanya terdapat di Australia, Hawaii, India, Kenya, dan Selandia Baru. Ada dua jenis buah markisa, yaitu Passiflora edulis f. flvicarpa yang berwana kuning dan Passiflora edulis sim yang berwana ungu. Khasiat buah markisa kuning sama saja dengan khasiat buah markisa ungu, begitu pula rasanya.

Kendati pohon markisa ini bukanlah tanaman asli dari Indonesia, tetapi tanaman ini pun banyak dibudidayakan di Indonesia. Manfaat dari buah ini antara lain adalah sebagai antikejang, antiradang, kolitis, penenang, dan pereda nyeri.

Buah ini pun dilansir dapat menyingkirkan berbagai gangguan seperti alergi kronis, batuk, diare, disentri, insomnia, nyeri haid, sembelit, serak, dan tenggorokan kering. Daging buah ini bermanfaat untuk merelaksasi saraf ketika sedang mengalami sakit kepala dan neurastenia. Neurastenia dapat berupa gangguan seperti kehilangan nafsu makan, kelelahan kronis, letih, susah tidur, dan tidak dapat berkonsentrasi.

Pada suatu penelitian invitro yang dilakukan di Universitas Florida, diketahui bahwa ekstrak buah markisa kuning mengandung banyak fitokimia yang berkhasiat untuk membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut terdiri dari karotenoid dan polifenol.

Selain kedua kandungan tersebut, unsur lain yang terdapat dalam fitokimi markisa adalah harman, harmalin, harmine, harmol, isoviteksin, krisin, passaflorine, dan viteksin. Kandungan gizi yang juga terkandung di dalam markisa adalah asam askorbat, asam sitrat, energi, fosfor, kalsium, karoten, lemak, mineral, niasin, protein, riboflavin, serat, tiamin, dan zat besi.

Buah markisa dapat membantu pemulihan pasien ginjal dan hati. Detoksifikasi pun dapat dilakukan menggunakan markisa ini. Karena kemampuannya untuk menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari tubuh. Bagi yang ingin awet muda dan tetap segar juga dapat memanfaatkan khasiat dari buah markisa yang meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.

Demikianlah beberapa khasiat buah markisa kuning dan buah markisa ungu. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Apa itu Invoice?
Sebelumnya: Jitu Pilih Harga Aquarium Kaca
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar