Khasiat Minum Jus Wortel


Wortel merupakan salah satu sayuran yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat jus. Manfaat dari wortel ini cukup banyak, kandungan karoten yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Sebenarnya wortel ini lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tidak dimasak, sehingga vitamin yang dikandungnya tidak hilang. Namun demikian tak banyak yang suka menjadikan wortel ini sebagai cemilan mentah. Oleh karena itulah biasanya wortel ini diproses menjadi salad dengan bumbu mayonis yang lezat atau dijadikan minuman jus yang segar. Jika Anda termasuk yang menjadikan jus wortel sebagai pilihan, berikut ini akan diulas mengenai khasiat minum jus wortel dengan rutin.

Segala manfaat wortel tentu saja juga terdapat dalam jus wortel. Khasiat tersebut antara lain adalah melindungi kondisi kulit, membantu dalam mengatasi masalah pencernaan,membantu pembuangan racun dalam hati, membantu pemulihan luka, memperkuat gigi, rambut dan tulang, mendorong pembentukan sel-sel darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko kanker.

Wortel juga merupakan sayuran yang memiliki kemampuan dalam melakukan detoksifikasi racun dari dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan seluruh fungsi organ tubuh. Berbagai khasiat wortel tersebut berkat kandungan berbagai unsur dalam wortel yang terdiri dari fosfor, karotan, kalsium serat, serat, pektin, vitamin B dan vitamin C.

Kandungan karoten yang tinggi pada wortel  berperan sebagai pro vitamin A, sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata. Karoten berfungsi sebagai antioksiden yang dapat mengatasi bahan penyebab polutan atau molekul-molekul radikal bebas yang dapat mengoksidasi sel-sel tubuh. Kisaran kandungan karoten pada wortel sekitar 60 hingga 120 mikro gram per gram berat segar.

Khasiat minum jus wortel dapat mengurangi konsumsi nasi, karena kandungan gula alami dari jus tersebut dilepas perlahan dalam tubuh sehingga memberi asupan energi. Namun demikian kandungan gula wortel ini tidak berbahaya seperti gula pada umumnya, karena kadarnya tidak besar. Minuman ini juga mampu membantu pembentukan sel darah merah, sehingga meningkatkan kadar hemoglobin darah. Wortel juga mencegah gangguan pada pembuluh darah dan penyakit jantung.

Selanjutnya : Hukum tentang Obat Terlarang
Sebelumnya: Hukum Berkata Tercela
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar