Khasiat Susu Kambing untuk Kecantikan

Khasiat susu kambing untuk kecantikan, telah dipercaya semenjak zaman Mesir Kuno. Khasiat tersebut hingga kini masih banyak digunakan sebagai pemutih alami kulit dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Melihat khasiatnya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, akhir-akhir ini susu kambing digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun dan lulur susu kambing.

Penambahan nilai guna ini, dikatakan mampu mengatasi berbagai macam penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Termasuk di dalamnya, menghilangkan bau badan. Manfaat tambahan ini, jelas menambah perbendaharaan khasiat susu kambing untuk kecantikan.

Bagi wanita yang seringmelakukan terapis di salon-salon kecantikan, mandi susu atau lulur susu mungkin sudah tak asing lagi. Hal tersebut hanyalah satu dari sekian banyak bukti yang menguatkan bahwa susu, termasuk susu kambing memiliki manfaat penting dalam kecantikan. Konon, adat-adat keraton dan kerajaan nusantara, mengharuskan mempelai puteri untuk mandi susu beberapa hari sebelum acara pernikahan.

Lantas, seperti apakah sebenarnya khasiat dan manfaat susu kambing untuk kecantikan? Untuk lebih mengenal dan memahaminya, berikut adalah ulasan tentang manfaat susu kambing.

Melembutkan, Melembabkan dan Mencerahkan Kulit

Pemanfaatan susu kambing sebagai sabun, ternyata sangat membantu dalam perawatan kulit, terutama untuk melembutkan dan menjaga kelembaban kulit. Hal ini dikarenakan Ph susu kambing yang hampir sama dengan Ph yang ada pada kulit manusia. Di samping itu, susu kambing kaya akan kandungan vitaminA, B, C, D, lemak dan zat besi yang memang memiliki kemampuan untuk melembutkan kulit.

Manfaatnya yang mampu menjaga kelembaban kulit, membuat olahan susu kambing sebagai sabun sangat cocok untuk kulit sensitif dan kulit kering.

Regenerasi Sel Kulit

Kandungan alpha-hydroxy pada susu kambing, seperti asam laktat ternyata mampu mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang tertinggal di permukaan kulit.

Pemanfaatan susu kambing untuk mengangkat sel kulit mati ini biasanya dijadikan lulur susu kambing. Lulur susu kambing dipercaya bisa memecah ikatan sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit. Terpecahnya ikatan sel kulit mati tersebut akan membantu kulit untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati. Dengan demikian, kulit akan senantiasa terasa halus dan cerah.

Mencegah Kanker kulit

Pemanfaatan susu kambing sebagai lulur pun ternyata mampu mencegah potensi terjadinya kanker kulit. Hal ini, disebabkan karena susu kambing mengandung mineral selenium yang memang bermanfaat untuk mencegah kanker kulit.

Selanjutnya : Peninggalan Sejarah Islam Indonesia Berupa Kerajaan
Sebelumnya: Khasiat Jeruk Nipis Terhadap Kulit dan Wajah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...