Khasiat Toge Bagi Kesehatan


Tahukah Anda khasiat toge bagi kesehatan? Tumbuhan yang sering kita konsumsi ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Toge merupakan kecambah yang tumbuh dari biji kacang-kacangan, seperti kacang kedelai dan kacang hijau. Toge dihasilkan dari proses perendaman biji kacang kedelai atau kacang hijau selama 2- 3 hari.

Umumnya toge memiliki panjang mencapai 3 sentimeter. Dengan khasiat toge yang ternyata begitu besar, ada bainya jika Anda rutin mengkonsumsi sayur yang satu ini. Salah satu kandungan toge adalah senyawa fitokimiawi yang memiliki manfaat super bagi kesehatan. Senyawa ini umumnya terkandung di dalam berbagai jenis toge, misalnya toge alfalfa, toge kacang kedelai, dan toge kacang hijau. Selain senyawa fitokimiawi toge juga memiliki kandungan lain, seperti berikut ini.

Kandungan Toge

•    Asam Folat 160 mg

•    Vitamin C 20 mg

•    Vitamin B2 163 mg

•    Vitamin E 117-662 mg

•    Antioksidan

•    Pottasium 235 mg

•    Kalsium 32 mg

•    Energi 50 kkal

Khasiat  Toge

Dengan berbagai kandungan yang dimilikinya, tak heran jika toge memiliki banyak manfaat bagi tubuh antara lain:

1.    Mencegah Osteoporosis

Esterogen yang terkandung di dalam toge ternyata mampu meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki susunan tulang hingga mencegah keroposnya tulang.

2.    Meningkatkan Kesuburan

Kandungan Vitamin E pada toge merupakan salah satu peningkat kesuburan pria. Jadi, bagi Anda yang ingin segera mendapat keturunan tak ada salahnya jika Anda rajin mengonsumsi toge.

3.    Kecantikan Kulit

Selain meningkatkan kesuburan, vitamin E pada toge juga mampu meremajakan kulit, menghaluskan, menghilangkan flek-flek hitam dan jerawat, serta melangsingkan tubuh, dan menghitamkan rambut.

4.    Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian James Dukes, Ph. D., seorang peneliti dan ahli botani AS  menyatakan bahwa kecambah/toge memiliki zat anti kanker  alami yang mampu membunuh sel-sel kanker. Proses biji kacang menjadi toge mampu menguraikan 90% olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga lebih mudah diserap tubuh. Kandungan serat dan air dalam toge mampu membersihkan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadikan toge memiliki kekuatan ganda untuk membasmi sel-sel kanker.

5.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zat antioksidan dalam toge mampu menangkal radikal bebas perusak DNA dalam tubuh kita. Selain itu, saponin dalam toge mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel pembuluh alami.

6.    Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Secara umum saponin dalam toge akan meningkat menjadi 450 % saat proses berkecambah. Saponin inilah yang akan menhancurkan LDL yang merupakan lemak jahat tanpa merusak HDL dalam tubuh.

Setelah mengetahui khasiat toge melalui pemaparan di atas, kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk rajin mengonsumsi toge secara rutin untuk menjaga kesehatan Anda. semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pengertian Matematika Murni dan Terapan
Sebelumnya: Kisah Romantis Titanic yang Mengharu Biru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar