Kiat-kiat Bisnis Perusahaan Sinar Mas


Eka Tjipta Widjaya adalah orang dibalik berdirinya Sinar Mas, seorang konglomerat dari grup perusahaan Sinar Mas dengan bisnis yang begitu menggurita. Beliau merintis usahanya dari nol, berawal dari seorang anak miskin dari ayah pedagang kelontong. Kegigihannya dalam berusaha merupakan kunci dari kiat-kiat bisnis perusahaan Sinar Mas. Berikut ini adalah sekilas profil perjalanan bisnisnya membangun Sinar Mas.

Lingkup industri dari grup Sinar Mas saat ini begitu beragam, dari bubur kertas hingga ke perkebunan kelapa sawit. Bisnis propertinya pun sukses dalam membangun kota satelit sendiri, berbagai lini bisnis yang lain pun digeluti, mulai dari perbankan hingga telekomunikasi. Ada empat grup besar yang berada di bawah kendali Eka Tjipta, yaitu PT Sinar Mas Multi Artha Tbk, Asia Pulp & Paper Group, PT Smart Tbk, dan Asia Food & Properties Limited.

Tak hanya fokus dalam berbisnis, Eka Tjipta pun tak lupa pada tanggung jawab sosialnya. Sumbangsih kepada masyarakat luas disalurkan melalui yayasan sosial yang dimilikinya, yaitu Eka Tjipta Foundation.

Terlahir pada 3 Oktober 1923 dari keluarga miskin di Coan Ciu, Hokian, China. Eka Tjipta bermigrasi ke Makassar, Sulawesi Selatan pada tahun 1931. Hidupnya begitu susah, sehari-hari hanya dapat makan bubur dan ubi. Ia pun tak dapat menuntaskan pendidikan sekolah dasar. Sejak usia 9 tahun, Eka Tjipta membantu ayahnya berdagang kelontong. Dengan mengendarai sepeda dan membawa barang ejeran dari toko kelontong ayahnya, dia berjualan dari pintu ke pintu. Jiwa wirausahanya pun semakin tumbuh, ia pun berdagang makanan kecil seperti permen dan biskuit.

Ketika beranjak dewasa, Eka Tjipta pernah berdagang barang bekas sisa peledakan pelabuhan semen yang dilakukan Belanda. Usahanya pun naik menjadi pemborong rumah, dan merintis bisnis minyak kelapa dengan modal 4 ribu kaleng minyak kelapa.

Tetapi bisnis minyaknya gagal karena adanya aturan monopoli perdagangan minyak oleh Jepang. Maka ia pun masuk bisnis terigu dan beralih ke industri rumahan kembang gula. Dia menjalin rekanan dengan tentara saat menjalankan usaha grosir produk makanan, termasuk kopra, bahan baku minyak kelapa.

Demikianlah, kegigihan dalam berusaha merupakan kiat-kiat bisnis perusahaan Sinar Mas, sehingga dapat berkembang dari nol, hingga menjadi konglomerasi banyak perusahaan besar. Semoga menajdi sebuah inspirasi untuk Anda yang ingin menjadi usahawan sukses.

Selanjutnya : Mengetahui Kegunaan Tangan
Sebelumnya: Alat Las Listrik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar