Kiat-kiat Kewirausahaan untuk Menggapai Kesuksesan

Setiap orang yang dianggap sukses dalam berusaha biasanya memiliki kiat-kiat kewirausahaan yang berbeda-beda. Tak satu pun orang di dunia ini yang tidak ingin menjadi orang sukses baik di dunia maupun akhirat.

Meraih sebuah kesuksesan bagaikan anak kecil yang sedang belajar menaiki anak tangga, semakin tinggi anak tangga diinjak semakin besar resiko untuk terpeleset.  Orang yang sukses bukanlah orang yang tidak pernah jatuh dari kegagalan, akan tetapi orang yang mampu bangkit dari kegagalannya.

Selagi berusaha untuk menjadi orang sukses, jangan malu untuk mempelajari kiat-kiat para wirausaha sukses yang selama ini menjadi rahasia mereka dalam menjalankan roda usaha mereka. Berikut ini beberapa kiat-kiat sukses wirausaha yang dapat kita praktekkan.

Semangat

Memiliki semangat, cita-cita dan impian yang kuat. Banyak cerita kesuksesan yang berawal dari sebuah impian di masa kecil. Pada awalnya mungkin hanya berupa ketertarikan untuk menjadi sesuatu berdasarkan bakat dan minat. Ketertarikan tersebut kemudian berubah menjadi sebuah harapan yang ingin diwujudkan. Berbekal bakat yang disertai dengan tekad yang kuat, impian tersebut  insyallah akan terwujud.

Doa dan Kerja Keras

Doa dan kerja keras adalah senjata utama dalam menggapai kesuksesan.  Kerja keras dalam usaha memang sangat penting, tapi kita harus sadar bahwa kesuksesan yang telah dan akan diraih tidaklah 100% berasal dari hasil kerja keras saja.

Doa kita ataupun doa orang-orang sekitar kita yang menjadi power sehingga Allah SWT mengabulkan impiannya. Tuhan Maha Mendengar, Tuhan Maha Kuasa. Perbanyaklah doa kepada Sang Maha Kuasa dan perbanyaklah silaturahmi kesuksesan dan keberkahan dapat diraih.

Serius

Serius dengan usaha sekecil apapun yang dijalaninya. Kesuksesan tidak selalu diawali dengan modal yang besar. Sedikit modal dapat menjadi jalan untuk menjadi sukses jika diusahakan secara ulet dan penuh kesabaran sehingga sedikit demi sedikit usaha akan semakin berkembang. Modal yang besar bukanlah jaminan utama dalam meraih kesuksesan.

Risiko

Siap dengan hasil yang pahit (risiko gagal). Tidak ada jalan yang selalu berliku, tidak ada jalan usaha yang selalu mulus. Selalu saja ada batu kerikil yang dapat membuat kita tersandung dan jatuh. Gagal dalam menjalani suatu usaha adalah wajar. Namun menjadi tidak wajar ketika kita larut dan putus asa dalam kegagalan.  Jadikanlah kegagalan sebagai bumbu untuk meracik kesuksesan.

Belajar

Mau belajar dan menerima nasehat orang lain. Kesombongan hanya akan membuat terperangkap dalam kerugian. Petiklah ilmu dari pengalaman orang-orang sukses yang telah banyak makan garam dalam menjalankan usaha mereka. Ini akan menjadi tali penguat bagi kita sehingga memiliki modal pengetahuan  dan persiapan mental yang kuat untuk semakin mengembangkan usahanya.

Demikianlah artikel tentang kiat-kiat kewirausahaan ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membacanya.

Loading...
Selanjutnya : Budaya Organisasi Perusahaan Amerika
Sebelumnya: Kelompok Surat dalam Al-Quran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar