Kiat Menjadi Wirausaha Sukses


Surat kabar Australia, Sydney Morning Herald memuat berita mengenai seorang wirausaha asal Australia, yaitu Gamble, Paul Wilson dan Tristan Sternson. Mereka memulai usaha dari bawah hingga mencapai pendapatan yang cukup besar. Seorang wirausaha pasti ingin memperoleh pendapatan yang besar. Walau suatu kesuksesan tak hanya dinilai dari pendapatan semata. Namun biasanya memang parameter ukur pertama diambil dari pendapatannya. Lalu apa saja kiat menjadi wirausaha sukses ini?

Seluruh dana Gamble diinvestasikan untuk memulai usaha Mozo pada Oktober 2008, layanan yang membandingkan suku bunga dan biaya kartu kredit, pinjaman rumah dan berbagai macam instrumen keuangan lainnya. Omzet bisnis tersebut saat ini adalah USD 5 juta atau setara Rp 47,5 milyar. Sementara itu Blocks Global, perusahaan digital yang dibangun oleh Wilson dalam 5 bulan memiliki pendapatan USD 2 juta. Pendapatan bisnis itu dalam 3 tahun berada di kisaran USD 5 juta hingga USD 10 juta.

Sedangkan Sternson membangun Info Ready pada tahun 2008. Perusahaan tersebut bergerak dalam menawarkan informasi dan konsultasi. Jumlah pegawainya sekitar 70 orang di Brisbane, Melbourne dan Sydney. Omzet perusahaan tersebut sekarang sekitar USD 10 juta. Klien besar mereka antara lain adalah Energex dan Telstra, target pendapatan mereka adalah USD 20 juta. Mengapa mereka dapat menjadi begitu sukses? Berikut ini adalah kiat-kiatnya.

•    Mengutamakan kualitas produk dan jasa yang akan ditawarkan. Pelanggan akan mengandalkan usaha kita jika kualitas yang diberikan terbaik.
•    Fleksibel untuk menyesuaikan rencana bisnis, karena tak ada perjalanan yang dimulai dan diakhiri di tempat yang sama.
•    Fokus pada pekerjaan yang dapat dilakukan, delegasikan pekerjaan yang tak dapat dilakukan pada ahlinya atau pada jasa pihak ketiga.
•    Luangkan waktu untuk berpikir, baik untuk mencari ide baru maupun untuk mengulas kembali hasil kerja.
•    Terus melakukan riset dan inovatif agar dapat selalu merespon pada perkembangan jaman. Manfaatkan data dan analisa untuk meningkatkan layanan dan mengikuti tren
•    Tak semua tawaran harus diterima, karena pekerjaan yang tidak tepat malah akan menghambat usaha.
•    Perbanyak jaringan.
•    Percaya diri.
•    Berkomitmen pada bisnis yang ideal.
•    Jangan mempertaruhan terlalu besar, gunakan sedikit dana untuk menguji ide baru terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa kiat menjadi wirausaha sukses, semoga bermanfaat dan menjadi salah satu inspirasi Anda untuk memulai kesuksesan.

Selanjutnya : Alat Keselamatan Kerja Listrik
Sebelumnya: Cara Menembak Cinta Tanpa Ditolak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar