Kiat Supaya Banyak Teman dan Sahabat

Kiat supaya banyak teman dan sahabat adalah suatu kiat yang sangat dibutuhkan oleh kita sekalian karena manusia adalah terhitung sebagai makhluk sosial yang senantiasa bergantung kepada orang lain yang ada di sekitanya. Hal ini kemudian menafikkan bahwa manusia sebagai makhluk individu yang dapat hidup sendiri. Mungkin dalam arti individu hanya karena sifatnya yang menyendiri dari komunitas orang banyak, namun secara fitrahnya manusia senantiasa butuh kepada yang lain. Hal inilah yang kemudian dapat kita lihat ketika Nabi Adam as. diciptakan, diciptakan pula pasangannya dan pendampingnya, yakni Siti Hawa. Artinya, dalam hal ini, manusia selalu ingin ada teman dan sahabat yang menemani hidupnya agar hidupnya menjadi ramai dan tidak sepi.

Apa Itu Teman dan Sahabat?

Pada bagian ini, akan dipaparkan tentang apa itu teman dan sebagai apa dia dalam posisi kehidupan kita sekalian. Teman menurut kamus umum dan popular bahasa Indonesia adalah kata yang popular untuk disematkan kepada kawan atau teman dapat pula diartikan sebagai sahabat. Namun, pada arti sahabat ini lebih kepada spesifikasi orang yang lebih dekat, tepatnya lebih dekat daripada teman atau kawan itu sendiri. Bahkan ada ungkapan begini, yang datang ke rumahnya adalah sahabat dekatnya saja.

Teman atau sahabat dapat pula diartikan sebagai pelengkap kehidupan seseorang tersebut atau dalam arti lain pasangan. Misal ada kata yang menyatakan ”teman hidup” yang berarti pasangannya dari orang tersebut, yakni baik itu istri maupun suami. Inilah beberpa kata yang menggambarkan tentang teman dan sahabat.

Kiat Agar Banyak Teman

Dalam bagian ini, akan kami paparkan bagaimana kiat supaya banyak teman. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kamu memiliki teman atau sahabat sejati.

  1. Pilihlah orang yang menurutmu dan yakin bahwa dia orang baik yang dilihat dari penampilan dan sikapnya sehari-hari. Sebab ada hadits Nabi yang menyatakan bila kamu berteman agar pilih yang baik, berteman kepada orang baik ibarat kamu berteman dengan penjual minyak wangi. Paling sedikit kamu akan mendapat wanginya daripada dia. Sementara berteman dengan orang jahat ibarat kamu berteman dengan pandai besi, kalau tidak terbakar paling sedikit kamu dapat bau sangitnya.
  2. Pilih teman dengan tanpa pilih-pilih. Misalnya jangan kita memilih teman karena latar belakang harta atau cantik dan jelek, sebab pembagian dalam diri kita terhadap bagian tersebut akan membuat kita terlihat tidak bersahabat dan teman kita juga akhirnya tidak bersahabat.

Itulah beberapa kiat supaya banyak teman dan sahabat. Semoga ulasan singkat ini dapat kita jadikan acuan dalam memilih teman atau sahabat yang baik.

Selanjutnya : Kisah 25 Nabi untuk Anak
Sebelumnya: Sudahkah Anda Mengunjungi Snow Bay di Taman Mini?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini