Kisah Akhir Zaman di Perjanjian Lama

Dalam literatur kitab-kitab yang menjadi pedoman umat beragama, baik umat Islam, Kristen, Yudaisme maupun Agama Samawi atau Agama Ibrahimiyyah, telah diatur dan diceritakan mengenai kisah akhir zaman.

Akhir zaman merupakan suatu peristiwa atau boleh juga disebut suatu periode yang pasti akan dihadapi oleh umat manusia dimana ketika itu terjadi, maka yang diderita oleh umat manusia di bumi hanyalah kehidupan yang penuh kesusahan.

Secara singkat, kita akan melihat bagaimana kisah akhir zaman di Perjanjian Lama menurut padangan umat Kristen. Apa yang dimaksud Perjanjian Lama? Dalam Alkitab umat Kristen, Perjanjian Lama merupakan bagian pertama yang termaktub di dalamnya.

Umat Kristen sendiri mengenal pembagian Alkitab menjadi 2 bagian, yakni Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Dalam Alkitab, terdapat berbagai hal yang dijadikan pedoman umat Kristen dalam menjalani hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Umat Kristen mengenal 39 kitab yang tersusun dalam Perjanjian Lama, dimana keseluruhan isi dalam Perjanjian Lama tersebut berisi ketentuan hukum, nubautan yang berisi ramalan yang berisi prediksi tentang kejadian di masa yang akan datang, serta berisi kisah-kisah sejarah masa lalu yang bisa dijadikan teladan bagi umat Kristen.

Salah satu pembahasan di Perjanjian Lama adalah mengenai peristiwa akhir zaman. Dalam Alkitab ini dijelaskan mengenai kesengsaraan yang akan dihadapi oleh umat manusia ketika peristiwa akhir zaman terjadi.

Pada saat itu, gunung tempat Tuhan akan berdiri tegak, manusia yang lupa akan Tuhannya terdahulu, tiba-tiba terhenyak. Mereka menyadari bahwa apa yang telah dijanjikan Alkitab telah dan sedang terjadi. Masyarakat dari berbagai bangsa di dunia akan menuju ke sana, dan mereka akan meminta petunjuk dari Tuhan mereka.

Walau penuh kesengsaraan, akhir zaman juga digambarkan sebagai masa dimana manusia, bangsa-bangsa tidak akan lagi terlibat dalam permusuhan dan peperangan. Setiap bangsa akan hidup secara damai dan Tuhan akan menuntun setiap umat-Nya ke jalan yang benar.

Salah satu unsur yang paling umum diketahui ketika akhir zaman datang adalah kembali Sang Juru Selamat atau Mesias yang merubah tatanan kehidupan manusia di bumi menjadi lebih baik.

Dalam Islam sendiri, pada masa ini dipercaya akan turunnya Nabi Isa dan timbulnya peperangan dengan Dajjal, dimana kaum muslimin akan dipimpin oleh keturunan terakhir dari Nabi Muhammad yakni Imam Mahdi.

Loading...
Selanjutnya : Kata Mutiara Sahabat
Sebelumnya: Apa Akibat Penebangan Hutan?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar