Kisah Gejala Alam


Gejala alam yang terjadi di permukaan bumi biasanya terjadi karena pengaruh keadaan atau kenampakan muka bumi. Kenampakan muka bumi adalah keadaan relief muka bumi dan kondisi geologisnya. Kondisi geologis yang dilalui oleh rangkaian pegunungan muda berpotensi terjadinya peristiwa alam berupa gunung meletus. Sementara kondisi relief muka bumi dengan keadaan tanah dan kemiringan lereng dapat menyebabkan gejala alam berupa tanah longsor dan banjir. Kisah gejala alam atau peristiwa alam yang sifatnya merusak dan merugikan manusia biasanya disebut sebagai bencana alam.

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah goncangan atau getaran yang terjadi akibat adanya pergeseran lapisan bumi di bawah permukaan bumi. Biasanya gempa ini terjadi jika ada pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung berapi yang dahsyat. Gejala alam yang satu ini tak dapat diprediksi, karena kejadiannya begitu cepat dan dampak yang ditimbulkan pun begitu hebat. Ada tiga jenis gempa bumi, yaitu gempa bumi tektonik, gempa bumi vulkanik dan gempa tanah runtuh. Ilmu yang mempelajari tentang gempa ini adalah seismologi dan alat pengukur kekuatan gempa disebut sebagai seismograf.

Tsunami adalah gelombang air laut yang menerjang ke daratan dengan begitu dahsyat. Tsunami yang sangat dahsyat pernah terjadi di Aceh dan sekitarnya pada 26 Desember 2004. Dampaknya tak hanya di Indonesia, tetapi juga beberapa negara lain di Asia Tenggara, seperti Sri Lanka dan Thailand.

Letusan gunung berapi akan menyemburkan magma, cairan yang terdapat dalam lapisan inti bumi. Berbagai bahan material seperti batu padat besar dari lava yang membeku, hingga material paling kecil seperti abu, debu dan pasir akan dimuntahkan dari dalam gunung.

Beberapa gejala yang mendahului gunung meletus antara lain adalah munculnya awan panas, gempa kecil, letusan kecil, dan guguran lava pijar. Letusan gunung api yang banyak memakan korban terjadi pada tahun 1815 di gunung Tambora, Sumbawa. Debu dari letusan tersebut memenuhi atmosfer bumi dan menghalangi matahari menyinari bumi selama berbulan-bulan. Bahkan dampaknya sampai ke Eropa dan Amerika Utara dengan terjadinya musim dingin yang berkepanjangan.

Demikianlah beberapa kisah gejala alam yang melanda bumi ini. Semoga kita dapat terus mengadakan penelitian agar dapat mendeteksi dan mengantisipasi dampak merugikan yang ditimbulkan dari gejala alam tersebut.

Selanjutnya : Hukum Kepuasan pada Konsumen
Sebelumnya: Badan Ngilu, Panas Dan Pernafasan Terganggu Gejala
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar