Kisah Hidup Bruce Lee


Bruce Lee, lahir pada 27 November 1940 di Chinatown, San Francisco, dengan nama Lee Jun-fan dari pasangan suami istri Lee Hoi Chuen dan Grace Ho. Ibunya adalah seorang keturunan Jerman-Asia. Ayah Bruce Lee adalah seorang bintang opera Kanton.

Berdasarkan, jam dan tahun kelahirannya, maka Bruce Lee menyandang shio Naga. Dia adalah seorang seniman bela diri Amerika Cina, aktor film laga Hongkong, instruktur seni bela diri dan pembuat film. Kiprah Bruce Lee banyak dipertimbangkan oleh komentator, kritisi, media dan seniman seni bela diri lain sebagai salah seorang seniman seni bela diri paling berpengaruh sepanjang masa. Kisah Hidup Bruce Lee kerap menjadi inspirasi bagaimana mengubah cara orang asia tampil pada film Amerka. 

Karir Bruce Lee

Karir Bruce Lee dirintis sejak kanak-kanak, ketika ayahnya memperkenalkannya pada industri film. Dia pun tampil sebagai aktor anak pada beberapa film. Ketika menginjak usia 18 tahun, Bruce Lee pindah ke Amerika Serikat untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Selama waktu tersebut dia mengajar seni bela diri. Film-film produksi Hongkong dan Hollywood yang dibintangi oleh Bruce Lee telah mengangkat film seni bela diri Hongkong tradisional ke tingkat kepopuleran dan pengakuan yang lebih tinggi. Hal ini memicu ketertarikan seni bela diri Cina di Barat pada tahun 1970an.

Dia dikenal perannya dalam lima film berdurasi panjang, yaitu Lo Wei’s The Big Boss pada tahun 1971, Fist of Fury pada tahun 1972, Way of the Dragon yang ditulis dan disutradarai oleh Bruce Lee pada tahun 1972, Warner Brothers’ Enter the Dragon pada tahun 1973 dan The Game of Death pada tahun 1973 kedua film tersebut disutradarai oleh Robert Clouse.

Bruce Lee pun menjadi ikon tokoh yang dikenal di seluruh dunia, terutama di antara orang Cina, karena dia memang digambarkan sebagai seorang nasionalis Cina dalam film-filmnya. Sebenarnya dia memiliki dua kewarganegaraan yaitu Amerika Serikat dan Hongkong. Bruce Lee meninggal pada 20 Juli 1973 pada usia 32 tahun di Kowloon Tong.

Ada banyak teori mengenai kematian Bruce Lee, di antaranya adalah dibunuh oleh gangster, alergi obat penahan rasa sakit, terlalu keras berlatih kungfu dan mati ketika berselingkuh dengan Betty Ting Pei. Demikianlah kisah hidup Bruce Lee dan misteri kematiannya.

Selanjutnya : Bagaimana Menjadi Bussines franchise ?
Sebelumnya: Tata Cara Membuat Karya Ilmiah yang Baik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar