Kisah Perpustakaan Terbesar di Dunia

Tak hanya sebagai tempat membaca atau menggali ilmu saja, perpustakaan juga memiliki kisah yang cukup menarik untuk kita perhatikan. Termasuk, kisah perpustakaan terbesar di dunia. Seperti apa kontribusi perpustakaan tersebut terhadap peradaban umat manusia?

Perpustakaan Terbesar di Dunia

Loading...

Pertama, kita mulai dengan perpustakaan yang berlokasi di Washington DC, Amerika Serikat. Bagi penikmat film Hollywood, tentu kita sudah tak asing lagi dengan film National Treasure yang diperankan oleh aktor Nicolas Cage. Lalu, apa hubungannya perpustakaan tersebut dengan film National Treasure.

Tahukah, ternyata perpustakaan yang digunakan sebagai tempat syuting film tersebut adalah salah satu perpustakaan terbesar di dunia. Library of Congress, ya, itulah namanya.

Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1800 ini merupakan perpustakaan terbesar bila dilihat dari sudut pandang jumlah buku atau koleksi yang dimiliki. Tak hanya berfungsi sebagai tempat menimba ilmu saja, perpustakaan yang memiliki 32 juta lebih koleksi buku ini juga berfungsi sebagai “museum”. Sejumlah naskah penting yang berhubungan dengan kegiatan kenegaraan disimpan di perpustakaan tersebut.

Kisah perpustakaan terbesar di dunia kedua adalah National Library of China atau Perpustakaan Nasional Cina. Perpustakaan yang terletak di ibu kota Cina, Beijing, ini didirikan pada awal abad ke-19.

Perpustakaan yang didirikan pada masa Dinasti Qing ini memiliki fasilitas yang mewah dengan koleksi buku sekitar 22 juta lebih. Mungkin, benar bila ada pepatah yang mengatakan, “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina” karena Cina memang kaya ilmu pengetahuan. Salah satu tolok ukurnya adalah dengan adanya perpustakaan dengan fasilitas sangat memadai.

Perpustakaan terbesar di dunia berikutnya adalah perpustakaan nasional yang ada di negara Rusia. Library of the Russian of Scences yang terletak di St. Petersburg ini memiliki koleksi buku 20 juta lebih.

Perpustakaan terbesar di Rusia ini sekaligus menjadi perpustakaan tertua di negara tirai besi tersebut. Perpustakaan ini sempat mengalami pengalihan fungsi sebagai rumah sakit saat perang dunia pertama.

Saat ini, perpustakaan yang pernah mengalami kebakaran di abad 18 ini menjadi jantung negara tersebut. Masyarakat Rusia menjadikan perpustakaan tersebut sebagai aset negara yang harus dijaga kelestariannya.

Dari ketiga kisah perpustakaan terbesar di dunia tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa negara yang menjadikan perpustakaannya tak sekadar sebagai bangunan biasa adalah negara maju. Di negara tersebut, perpustakaan sudah seperti “perusahaan” yang keberadaannya menentukan peradaban.

Loading...
Selanjutnya : Klasifikasi Fungi
Sebelumnya: Bagaimana Cara Menentukan Struktur Intrinsik dari Karya Sastra Periode 1966
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar