Kisah Teladan Para Nabi – Nabi Yahya dan Iblis


Ada banyak kisah teladan para Nabi yang bisa dijadikan contoh untuk menyikapi semua masalah yang dihadapi. Dari sekian banyak cerita Nabi, kisah dari Nabi Yahya yang berseteru dengan iblis inilah yang akan dibahas. Nabi Yahya adalah seorang anak dari Nabi Zakaria. Sebagai Nabi, Yahya sudah sangat terpelihara dari segala perbuatan maksiat dan syirik sejak beliu masih kecil. Kisahnya diceritakan dalam Surat Maryam ayat 12 dan 13.

Kisah Nabi Yahya dan Iblis

Suatu hari dia bertemu dengan iblis yang datang kepadanya. Kemudian si iblis berkata bahwa dia ingin memberi Nabi Yahya sebuah nasihat. Namun Nabi Yahya tidak mau diberi nasihat oleh si Iblis namun memintanya menceritakan tentang anak cucu Nabi Adam.

Kemudian si Iblis menjawab bahwa anak cucu Nabi Adam terdiri atas tiga golongan. Ada yang tidak akan menuruti apa yang dikatakan oleh Iblis, walaupun dia menganggunya maka tidak akan mendapatkan apapun. Ada juga yang sangat mudah dipermainkan dengan segala tipu muslihat si Iblis. Golongan yang terakhir adalah yang dilindungi oleh Allah sehingga tidak bisa diganggu atau digoda olehnya, salah satunya adalah Nabi Yahya.

Kemudian Nabi Yahya bertanya pada iblis apakah dia bisa menggoda dirinya. Iblis menjawab, hanya satu kali dia bisa melakukannya. Yaitu saat Nabi Yahya makan kemudian dia makan banyak hingga saat kenyang Nabi Yahya tertidur. Ketika itu Nabi Yahya tidak melaksanakan shalat seperti yang biasa dia lakukan.

Namun iblis menganggap dia tidak mampu untuk mengoda Yahya, sehingga dia pergi dan akan kembali lagi untuk mencoba menggoda Nabi Yahya. Muncullah lagi satu kesempatan, iblis datang kembali kepada Nabi Yahya dan memperlihatkan diri dengan membawa berbagai macam barang yang menggantung.

Kemudian Nabi Yahya bertanya pada iblis, apa yang dibawa olehnya. Iblis menjawab bahwa itu adalah syahwat yang diperoleh dari anak Nabi Adam. Yahya bertanya lagi, apakah aku ada syahwat? Iblis menjawab hanya satu kali, yaitu pada saat itu dia makan dan tertidur sehingga tidak melaksanakan shalat malam.

Nabi Yahya bertanya lagi “Apakah ada lagi yang lainnya?”. Iblis menjawab sekali lagi bahwa tidak ada lagi yang lainnya. Dari percakapan di atas disimpulkan bahwa Nabi sangat dilindungi oleh Allah dari segala perbuatan dosa.

Itulah satu kisah teladan para nabi, yaitu pada Nabi Yahya. Sesungguhnya Nabi adalah manusia mulia yang dilindungi Allah.

Selanjutnya : Mengenal dan Memahami Komponen di Dalam CPU
Sebelumnya: Cerita Anak tentang Mengenal Benda Alam: Kayu dan Batu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar