Kisah Umar Bin Khattab Sahabat Nabi Muhammad yang Mengharukan


Kita manusia memang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Bahkan untuk mengetahui satu atau dua detik dari sekarang saja merupakan hal yang mustahil. Kisah Umar bin Khattab sahabat Nabi Muhammad SAW ini menjadi salah satu bukti betapa top secret-nya masa yang akan datang itu. Umar bin Khattab yang merupakan orang yang pada awalnya sangat membenci agama Islam, menjadi salah satu tokoh Islam terbesar setelah Rasulullah SAW dan Abu Bakar As Shidiq.

Alkisah, pada suatu hari, beberapa hari setelah kejadian tersebut, Umar memutuskan bahwa ia akan membunuh Nabi Muhammad SAW. Pedangnya terhunus dan ia merasa siap untuk membunuh Nabi. Berjalanlah ia menuju kediaman Nabi. Namun, di tengah perjalanan, Umar bertemu dengan  Abdullah An-Nahham Al-‘Adawi.

Melihat kemarahan yang tersirat di wajah Umar, seketika itu juga Abdullah pun bertanya pada Umar mengenai apa yang hendak dilakukannya dengan membawa pedang terhunus. Umar pun menjawab dengan nada bercampur amarah bahwa dia hendak membunuh Nabi Muhammad.

Umar pun sudah dapat menduga bahwasanya Abdullah telah murtad dari agama asalnya. Lalu Abdullah pun menceritakan tentang anggota Umar sendiri, yaitu adiknya, Fatimah serta Khabbab, suami Fatimah, yang telah masuk Islam. Dan alangkah terkejutnya Umar mendengar hal itu, kemarahannya pun semakin memuncak lalu ia pun pergi menemui adiknya.

Sesampainya ia di rumah adiknya, ia mendengar Fatimah beserta Khabbab sedang mengaji. Ia pun langsung masuk seraya bertanya kepada adiknya suara apa yang ia dengar tadi. Namun Fatimah dan Khabbab berusaha tidak mengatakan bahwa beberapa saat yang lalu mereka sedang belajar membaca Al Quran.

Kemarahan Umar pun semakin menjadi-jadi lalu ia menendang Khabbab dan memukul Fatimah hingga mereka berdua berdarah. Timbul rasa penyesalan di hati Umar atas perbuatannya, lalu akhirnya ia meminta Fatimah untuk menunjukan Al Quran yang tadi ia baca.

Setelah membaca Al Quran tersebut, Umar pun merasa hatinya sudah benar-benar terbuka oleh cahaya hidayah. Ia pun menemui Nabi dan di sanalah ia membaca dua kalimat syahadat. Demikian Kisah Umar bin Khattab sahabat Nabi Muhammad yang begitu menyentuh.

Selanjutnya : Belajar dari Kisah Wiraswasta Sukses
Sebelumnya: Paket Liburan ke Eropa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar