Kisah Zakheus


Inilah kisah Zakheus. Zakheus bertubuh mungil. Dia orang yang kaya. Namun, tidak seorang pun menyukai dia. Itulah tiga hal utama yang menjadi karakteristik Zakheus. Banyak orang tidak menyukai Zakheus karena dia adalah orang kaya yang suka mengambil uang dari orang lain dan memberikannya kepada orang-orang Romawi.

Kala itu, banyak yang tidak menyukai orang Roma karena kedatangan mereka bagaikan sekelompok pengganggu besar. Mereka datang dengan bala tentara yang berpedang dan bertombak.

Zakheus

Zakheus suka mengumpulkan uang untuk orang-orang Romawi. Dia menyebutnya dengan ‘mengumpulkan pajak’. Pada dasarnya, Zakheus dan antek-anteknya suka memeras dan memaksa. Sebagian uang yang didapatkan diberikan kepada orang-orang Romawi. Sebagian lagi disimpan guna memperkaya diri sendiri.

Zakheus tinggal di sebuah kota bernama Jericho. Suatu hari yang cerah, dia melihat kerumunan orang yang datang. Semua orang sedang memperhatikan seorang pria yang bernama Yesus. Ke mana Yesus pergi, orang sakit menjadi sembuh, orang-orang yang tidak bisa berjalan jadi bisa berjalan lagi, dan orang buta bisa melihat lagi. Yesus adalah seorang pria yang menakjubkan. Semua orang ingin mengetahui siapa Yesus sebenarnya. Termasuk Zakheus.

Masalahnya, Yesus selalu dikerumuni banyak orang. Padahal, Zakheus bertubuh mungil sehingga tidak bias melihat sosok Yesus yang dikerumuni banyak orang.

Zakheus berlari ke sebuah pohon ara. Dia memanjat pohon itu. Akhirnya, dia dapat melihat Yesus yang berada di tengah kerumunan tersebut. Yesus melihat Zakheus dan menyuruhnya turun. Dia berkata, “Turunlah. Aku akan menginap di rumahmu.” Begitu senangnya hati Zakheus.

Semua orang mengolok-olok dan mencemooh Zakheus. Zakheus pun bersedih. Lalu, dia berkata pada Yesus, “Mulai saat ini, aku tidak akan pongah lagi, tidak akan curang lagi. Akan kuberikan sebagian hartaku kepada kaum papa asal Engkau mau datang ke rumahku.” Yesus pun berkata, “Terberkatilah rumah ini dengan segala orang di dalamnya.” Semoga kisah Zakheus menjadi pelajaran yang berharga untuk semua.

Selanjutnya : Kasus Bank Century
Sebelumnya: Kemudahan dan Kendala Situs Translate Bahasa Jawa Online
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar