Klasifikasi Ciri Ciri Makhluk Hidup Monera


Monera kerap diketahui dalam pengklasifikasian makhluk hidup, sebagai organisme prokariot. Apa itu organisme prokariot? Adalah jenis makhluk hidup tanpa membran inti. Tetapi monera tetap punya bahan inti yang memungkinkannya disebut makhluk hidup. Yaitu sitoplasma, membran sel, serta asam inti. Klasifikasi ciri-ciri makhluk hidup monera dibahas pada tulisan di bawah ini.

Monera terbagi menjadi dua, yaitu:

Bakteri

Jenis monera yang satu ini memiliki satu sel juga, dan dapat dilihat keberadaannya lewat mikroskop sebab ukurannya hanya 4-8 mikron. Bentuknya beragam, yaitu bulat (kokus), spiral (spirilum), serta batang (basil). Hidupnya berkoloni dan bila dalam koloni yang besar, Anda dapat melihatnya dengan mata telanjang. Misalnya di makanan basi, bakteri akan tampak seperti lendir. Juga kadang tampak seperti bulatan warna kuning atau merah di makanan basi. Itu adalah koloni bakteri.  Bakteri dibedakan menjadi :

•  Bakteri yang hidup heterotrof (mengambil makanan dari lingkungan) ada 2 jenis; saprofit dan parasit. Saprofit merupakan jenis bakteri pengurai sedangkan parasit adalah jenis bakteri yang hidup menumpang pada inang atau makhluk hidup lain. Ini yang berbahaya dan menimbulkan penyakit bagi manusia, tumbuhan, dan juga hewan.

•  Bakteri yang berfotosintesis atau autotrof

Bakteri berkembangbiak dengan cara tak kawin (membelah diri) serta kawin (konjugasi) yaitu mereka saling membentuk saluran konjugasi dan lewat saluran konjugasi plasma masing-masing bakteri mengalir ke yang lainnya.

Alga Biru (Cyanobacteria)

Alga biru ini termasuk monera sebab prokariot seperti bakteri. Ciri-ciri umum yang dimiliki oleh alga biru adalah warnanya yang hijau kebiruan. Tempat hidupnya di mana-mana, di alam bebas. Bisa di tanah, air, pohon, dan sebagainya.

Cara hidup alga biru mendapatkan makanan adalah dengan berfotosistesis sehingga sifatnya autotrof. Hal tersebut memungkinkan terjadi sebab ia memiliki klorofil atau zat hijau daun.

Alga biru berkembang biak melalui dua cara, yaitu fragmentasi serta membelah diri. Fragmentasi adalah cara berkembang biak dengan memutuskan anggota tubuhnya (fragmen), yang lantas bertumbuh kembali. Biasanya ini terjadi pada alga biru yang bentuknya menyerupai benang. Demikian klasifikasi ciri-ciri makhlu khidup monera, semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa menambah pengetahuan.

Selanjutnya : Primbon Datang Haid Berdasarkan Primbon Jawa
Sebelumnya: Mencari Tahu Lokasi Gunung Tangkuban Perahu di Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar