Klasifikasi Monokotil dan Contohnya


Ada dua klasifikasi tumbuhan, pertama tumbuhan monokotil dan yang kedua jenis tumbuhan dikotil. Indonesia kaya akan kedua jenis klasifikasi tumbuhan tersebut. Klasifikasi monokotil dan contohnya saja bertebaran di seantero Nusantara.

Sumber Pangan

Tumbuhan monokotil merupakan tanaman pangan yang produknya dijadikan pendukung kehidupan manusia. Manfaat tumbuhan atau tanaman monokotil ini sangat banyak. Misalnya, padi dan jagung.

Kedua contoh  tumbuhan monokotil ini menjadi bahan pangan di Indonesia. Apalagi, padi menjadi makanan pokok, hampir 90% rakyat Indonesia menjadikan padi sebagai bahan

Ciri-ciri tumbuhan monokotil adalah tanaman ini tumbuh dengan usia yang singkat sehingga dapat dipanen dalam waktu yang tidak lama. Ada pula tumbuhan monokotil yang berumur panjang, misalnya kelapa dan kegunaan kelapa sangat luas. Kelapa dianggap sebagai tanaman serba guna, mulai dari akar hingga ujung daunnya bisa dimanfaatkan.

Habitat Tumbuhan Monokotil

Habitat tumbuhan monokotil ini beragam dan sesuai dengan kemampuan tumbuhnya. Misalnya, untuk negara dengan iklim seperti Indonesia, tumbuhan monokotil tentu saja mudah tumbuh. Selain kaya air dan sinar matahari, orang Indonesia terus berupaya meningkatkan budi daya tumbuhan monokotil. Hal ini seiring dengan kesadaran bahwa manusia bergantung pada tumbuhan monokotil tersebut.

Jika bangsa ini kehabisan sumber pangan, maka kelaparan akan melanda. Tidak ada orang yang ingin mengalami hal tersebut. Untuk itulah, tanah yang subur harus terus dijaga.

Tumbuhan monokotil atau yang juga terkenal dengan tanaman berbiji tunggal ini selain sebagai sumber pangan, juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Pohon kelapa contohnya. Papan dari pohon kelapa cukup mahal dan pohon yang utuh malah biasanya menjadi tiang rumah.

Kelebihan tanaman monokotil memang cukup luar biasa. Sebagai sumber protein nabati, tanaman monokotil menyumbangkan jenis pisang-pisangan. Ada juga jenis tumbuhan bawang-bawangan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan pewarna alami.

Untuk tumbuhan monokotil jenis pinang-pinangan, biasanya dijadikan sebagai dekorasi atau malah dibuat obat. Misalnya, buah pinang yang dipercaya sangat berkhasiat meningkatkan stamina.

Demikianlah penjelasan singkat tentang klasifikasi monokotil dan contohnya. Tumbuhan monokotil sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, Anda dapat lebih menjaga lingkungan dan mencintai alam untuk kelangsungan hidup manusia.

Selanjutnya : Pengertian Ittihadun
Sebelumnya: Perusahaan Penghasil Rokok Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar