Klasifikasi Tumbuhan Paku Semanggi dan Deskripsinya


Semanggi merupakan tumbuhan yang masuk dalam jenis paku air. Di daerah Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di tepian irigasi atau sawah. Salah satu ciri utamanya yaitu di satu tangkai terdapat empat daun yang susunannya seperti payung. Berikut ini terdapat beberapa klasifikasi tumbuhan paku semanggi beserta deskripsinya.

Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Marsilea Crenata dan masuk dalam keluarga Marsiliaceae. Selain di sawah dan irigasi, paku semanggi juga dapat tumbuh di selokan atau genangan air lain yang tidak terlalu dalam. Bagi sebagian orang Indonesia, tanaman semanggi dijadikan makanan atau lalapan.

Secara morfologi, ciri umum dari tanaman ini antara lain adalah ketika mau tumbuh bentuknya berupa kecambah. Semanggi merah yang paling terkenal di Indonesia, punya bentuk spatula dan ukuran panjangnya enam hingga tujuh millimeter. Kecambah ini tidak mempunyai serabut atau rambut.

Akarnya yaitu akar tunggang dan serabutnya selalu menempel pada akar tersebut. Sementara itu batangnya punya sifat yang tidak terlalu kuat sehingga arah tumbuhnya sering mendatar. Ukuran batang ini sekitar delapan hingga dua puluh inchi. Warnanya merah dan disekelilingnya muncul serabut atau bulu yang warnanya putih.

Semanggi lain yaitu yang berdaun empat atau Marsilea Quadrifolia punya akar tunggal juga tapi berukuran lebih panjang. Daunnya punya kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Itulah kenapa orang Indonesia ada yang suka menjadikannya sebagai sayuran. Tumbuhan ini bisa berkembang biak di semua tempat kecuali daerah Amerika bagian selatan.

Untuk membudidayakannya tidak diperlukan syarat yang terlalu rumit. Bahkan tanaman ini bisa tumbuh di sepanjang musim baik musim hujan maupun kering. Caranya adalah membuat empang atau genangan kemudian di dalamnya diberi bibit atau spora semanggi.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, tanaman ini dapat segera tumbuh serta tidak perlu dirawat lagi karena tanaman ini mudah berkembang biak dengan sendirinya, tidak seperti jenis tanaman yang lain. Pemeliharaan yang perlu dilakukan adalah mengatur batangnya agar pertumbuhannya bisa menyebar dan tidak mengelompok dalam satu tempat saja.

Setelah tumbuh dengan baik dan bisa dipanen, selain dijadikan sayur semanggi juga bisa dipakai sebagai obat herbal untuk menyembuhkan sakit amandel. Demikian sekilas tentang klasifikasi tumbuhan paku semanggi, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Warna-Warna Eksterior Rumah Saat Ini
Sebelumnya: Sistem Pencernaan pada Serangga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar