Mengenal Klasifikasi Tumbuhan di Dunia


Tumbuhan merupakan makhluk hidup, seperti manusia dan hewan. Bagaimana kita mengetahui hal ini ? semua makhluk hidup akan melakukan beberapa hal-hal tertentu seperti mereka akan tumbuh dan mati ; mereka membutuhkan energi, nutrisi, udara, dan air ; mereka menghasilkan keturunan ; mereka terdiri dari sel-sel ; mereka bereaksi terhadap apa yang ada di sekitar mereka ; dan masih banyak hal yang menyangkut kehidupan dapat mereka lakukan termasuk tumbuhan. Tanaman berasal dari biji. Setiap benih berisi tanaman kecil, menunggu kondisi yang tepat untuk berkecambah, atau mulai tumbuh. Ada klasifikasi tumbuhan yang merupakan salah satu karakteristik bahwa sesuatu itu hidup.

Biji berkecambah menunggu sampai tiga kebutuhan akan hidup terpenuhi seperti air, suhu, dan lokasi yang baik (seperti dalam tanah). Selama tahap awal pertumbuhan, bibit bergantung pada pasokan makanan yang disimpan. Dengan hal itu benih akan tumbuh sampai cukup besar untuk memiliki daun sendiri untuk mulai membuat makanan melalui fotosintesis. Akar bibit yang menekan ke dalam tanah sebagai jangkar guna menyerap air dan mineral dari tanah guna kelangsungan hidup. Tumbuhan sangat beragam, oleh karenanya  manusia sebagai makhluk hidup yang sempurna, dengan kemampuan akalnya mencoba untuk mempelajari dan meneliti tumbuhan sebagai bagian dari menjaga kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Klasifikasi dari Tumbuhan

Mengklasifikasikan tumbuhan dengan pemikiran dan pembelajaran yang baik, merupakan salah satu cara manusia mengenali mana tumbuhan yang baik untuk dimanfaatkan dan yang tidak baik. Tumbuhan diklasifikasikan dalam dua kelas yaitu angiospermae dan gimnospermae. Tumbuhan angiospermae dapat menghasilkan bunga, sedangkan gimnospermae merupakan tumbuhan yang tidak menghasilkan bunga. Dari  kelas tersebut, terdapat subkelas yaitu dikotil dan monokotil, untuk dikotil adalah tumbuhan yang menghasilkan biji lebih dari satu sedangkan monokotil adalah tumbuhan yang menghasilkan biji hanya satu.

Dari sub kelas tersebut akan dibagi lagi menjadi superordo, ada enam super ordo  pada tumbuhan dikotil yaitu Magnoliidae, Hamamelidae, Caryophyllidae, Dilleniidae, Rosidae, dan Asteridae, sedangkan super ordo pada tumbuhan monokotil terdiri dari Alismatidae, Commelinidae, Arecidae, dan Liliidae. Dari super ordo maka akan terdapat ordo pada tumbuhan, untuk setiap super ordo akan dibagi dalam beberapa ordo.

Biasanya penanda ordo maka pada klasifikasinya akan diakhiri oleh akhiran –ales. Dari ordo maka kita akan masuk ke family atau keluarga dalam tumbuhan, setiap ordo dibagi menjadi beberapa family atau keluarga. Sampai saat ini ahli botani telah menemukan famili atau keluarga tumbuhan sebanyak 500. Dan beberapa famili akan dibagi lagi menjadi subfamili.  Itulah klasifikasi tumbuhan yang bisa kita pelajari sampai saat ini.

Selanjutnya : Artikel Akhlak terhadap Lingkungan
Sebelumnya: Belajar Kosakata Sifat Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar